Perangi Covid-19, LIPI Temukan Alat Terapi Oksigen Bertekanan Tinggi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 56 2231495 perangi-covid-19-lipi-temukan-alat-terapi-oksigen-bertekanan-tinggi-tMgBSnDu8z.jpg (Foto: LIPI)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali melakukan penelitian untuk menciptakan alat kesehatan pendukung penanganan Covid-19. Kali ini LIPI melakukan riset alat terapi oksigen beraliran tinggi.

Dalam akun Instagram resmi milik LIPI, riset dilakukan oleh Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI bekerjasama dengan PT. Gerlink Utama Mandiri.

Alat ini dikenal sebagai Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula – 01 (GLP HFNC-01) yang berhasil lolos uji Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan.⁣

Berdasarkan hasil risetnya, alat terapi oksigen beraliran tinggi sangat bermanfaat bagi pasien Covid-19 tahap awal, alat ini juga dapat mencegah pasien gagal nafas, dengan alat ini juga pasien tidak perlu diinkubasi menggunakan ventilator invasif.⁣

Adapun, untuk sistem kerja alat ini sendiri. untuk aliran tinggi menggunakan sistem tabung venturi yang berbasis pada penyempitan aliran masuk.

Produk ini diharapkan dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19 baik yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pantauan (PDP), maupun pasien positif

Alat ini dapat digunakan untuk pasien anak maupun pasien dewasa. kemudahan alat ini dapat digunakan di fasilitas kesehatan ataupun digunakan langsung oleh masyarakat umum.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini