LAPAN Prediksi Gerhana Matahari Cincin Terjadi Akhir Pekan Ini

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 56 2231646 lapan-prediksi-gerhana-matahari-cincin-terjadi-akhir-pekan-ini-fqxzzBEPCL.jpg (Foto: Travelandleisure)

JAKARTA - Pusat Sains Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi pada Minggu 21 Juni mendatang akan terjadi gerhana matahari cincin.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Instagram Pussainsa_lapan, gerhana matahari cincin terjadi pada saat bulan terlalu jauh dari Bumi, sehingga bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari.

"(Gerhana) ini menghasilkan cincin cahaya di sekitar bulan yang gelap, korona matahari tidak terlihat selama gerhana cincin," tulisnya.

Sementara itu, Pussainsa_lapan juga menuliskan bahwa fenomena astronomi hanya dapat disaksikan di beberapa tempat, seperti Arab Saudi, China, India dan Afrika.

"Jalur gerhana akan dimulai di Afrika Tengah dan bergerak melalui Arab Saudi, India Utara dan China Selatan. Sebelum berakhir di Samudera Pasifik, gerhana sebagian akan terlihat di Afrika Timur, Timur Tengah dan Asia Selatan," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini