Google Maps Usung AR agar Pengguna Tak Tersesat di Jalan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 207 2232298 google-maps-usung-ar-agar-pengguna-tak-tersesat-di-jalan-QAHJEs0ba8.jpg (Foto: Google/Thesun)

JAKARTA - Google Maps memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) untuk menampilkan tanda agar pengguna tidak tersesat dalam perjalanan. Fitur AR ini bisa dikatakan baru dan mendukung sejumlah ponsel.

Dikutip Thesun, ini berfungsi menggunakan AR untuk melapisi arah persis Anda ke dunia nyata di sekitar Anda. Layanan ini mengandalkan kamera ponsel cerdas Anda.

Sistem revolusioner pertama kali diumumkan pada konferensi teknologi I/O Google tahun lalu. Akan tetapi, sekarang hanya tersedia pada sejumlah besar model ponsel di Inggris, termasuk iPhone.

Fitur ini bisa menjadi solusi pada layanan peta Google. Jika sinyalnya buruk, Google Maps akan sering menempatkan Anda di tempat yang salah, atau mengatakan Anda menghadapi arah yang sama sekali berbeda.

Ketika Anda meluncurkan navigasi, seringkali Anda kesulitan mencapai tempat yang seharusnya Anda tuju. Dengan fitur AR ini, perangkat akan menampilkan tampilan di depan Anda dan bagian peta kecil di bagian bawah.

Anda kemudian akan diperintahkan untuk melambaikan kamera Anda ke sekitar, sehingga sistem AI Google dapat mengetahui di mana Anda berada - berdasarkan landmark terdekat, seperti jalan dan bangunan.

Google Maps tahu secara kasar di mana Anda menggunakan GPS, dan kemudian gambar yang Anda ambil dibandingkan dengan data Google Street View.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini