Kemendikbud Gandeng Netlflix, KPI: Konten dalam Negeri Sangat Banyak

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 207 2232300 kemendikbud-gandeng-netlflix-kpi-konten-dalam-negeri-sangat-banyak-sFCpHEcHWn.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Netflix untuk menjalankan program belajar di rumah. Tayangan Netflix akan disiarkan di TVRI.

Terkait menggandeng penyedia layanan asing ini, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyebut bahwa langkah itu menyianyiakan kreator konten dalam negeri.

"Konten kreator kita enggak kekurangan sumber daya itu. Sumber daya anak bangsa itu sangat banyak," kata Komisioner KPI Pusat Bidang Kelembagaan Nuning Rodiyah kepada Okezone, Kamis (18/6/2020).

Nuning menjelaskan jika harus menggunakan layanan dengan konten data, informasi, multimedia yang berjalan melalui jaringan internet, hal ini dapat memanfaatkan menggunakan sumber daya anak bangsa.

"Kalau berbicara OTT dalam negeri hari ini sudah banyak produk OTT dalam negeri, jadi kalau mau kerja sama kan bisa," ungkapnya.

Nuning juga membeberkan terkait program wisata budaya, program dokumenter yang cukup banyak dari data base KPI.

"Artinya kesimpulan kami konten dalam negeri sangat banyak kenapa harus melibatkan berbasis luar negeri yang belum berkontribusi," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini