LAPAN Ungkap Cara Aman Menyaksikan Gerhana Matahari 21 Juni

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 56 2232089 lapan-ungkap-cara-aman-menyaksikan-gerhana-matahari-21-juni-oFoCdHha2A.jpg (Foto: News Sky)

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan tips aman menyaksikan keindahan fenomena gerhana matahari yang diprediksi terjadi pada 21 Juni. Untuk menatap detik-detik peristiwa tersebut disarankan untuk mengenakan kacamata filter matahari.

"Karena matahari sangat menyilaukan, perlu alat peredup cahaya. Yang aman seperti menggunakan filter matahari," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin kepada Okezone, Kamis (18/6/2020).

Thomas melanjutkan, gerhana matahari tersebut dapat disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali di Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Pada 21 Juni terjadi gerhana matahari. Tetapi Jawa bagian barat dan tengah serta Sumatera bagian selatan tidak dapat melihat gerhana matahari. Jadi di Jakarta tidak terlihat gerhana matahari," lanjutnya.

"Seluruh wilayah Indonesia bisa melihat gerhana matahari sebagian, kecuali daerah tadi," tutupnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini