Ditemukan Objek Mirip Tulang Manusia di Mars, Ini Penjelasan NASA

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 56 2232727 ditemukan-objek-mirip-tulang-manusia-di-mars-ini-penjelasan-nasa-pWO7HHheOo.jpg (Foto: NASA/Sindonews)

WASHINGTON - Lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA pada 14 Agustus 2014 mengambil foto di Mars. Foto tersebut memperlihatkan objek yang menyerupai tulang paha manusia.

Dikutip Sindonews, foto tersebut diambil menggunakan Curiosity Rover's MastCam, ramai dibicarakan oleh para ahli teori konspirasi, yang menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan bukti pernah adanya kehidupan di Planet Merah.

Mendengar kegaduhan ini, NASA kemudian mencoba mengklarifikasi hasil fotonya. Menurut NASA, bebatuan tersebut mungkin terlihat seperti tulang paha, tetapi nyatanya bukan.

“Menurut anggota tim sains misi Curiosity, bentuk bebatuan tersebut kemungkinan dipengaruhi pahatan oleh erosi, baik angin atau air," jelas NASA, dalam pernyataan melalui blog resminya.

Meskipun jika di Mars pernah ada kehidupan, para ilmuwan melihat bentuknya sangat kecil dan sederhana yang disebut mikroba. “Mars kemungkinan tidak pernah memiliki oksigen yang cukup di atmosfernya untuk mendukung ekosistem yang lebih kompleks. Fosil besar tidak mungkin hidup di sana,” imbuh NASA.

Dari penjelasan NASA, penampakan pola dalam konfigurasi acak bukanlah fenomena baru. Tanpa disadari, orang-orang kemungkinan sering mengalaminya.

Fenomena yang disebut pareidolia ini seperti melihat wajah di stop kontak, jejak kaki di buih sabun di pintu kamar mandi, atau awan yang mirip sosok orang atau hewan.

Fenomena ini diduga terjadi ketika beberapa bagian otak memproses informasi visual dan melompat ke kesimpulan sebelum bagian otak yang lain menyusul.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini