Kantongi Izin, Alat Terapi Oksigen Buatan LIPI Siap Edar

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 56 2232759 kantongi-izin-alat-terapi-oksigen-buatan-lipi-siap-edar-pSl0STWx34.jpg (Foto: LIPI)

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengklaim terapi oksigen beraliran tinggi atau High Flow Nasal Cannula (HFNC) untuk penanggulangan Covid-19 telah mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Alat tersebut merupakan alat terapi Covid-19 buatan dalam negeri.

“High Flow Nasal Cannula (HFNC) ini adalah yang pertama berhasil lolos uji dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan dan sudah mengantongi Nomor Izin Edar Alat Kesehatan: KEMENKES RI AKD 20403020951 tanggal 17 Juni 2020," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono dalam keterangan Persnya.

Dengan adanya dukungan dari Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) dan Kementrian Kesehatan, Agus menuturkan bahwa riset yang dilakukan para peneliti LIPI membuktikan para ilmuwan Indonesia mampu berkarya di tengah pandemi virus corona.

"Riset ini membuktikan para peneliti LIPI tetap mampu produktif berkarya di tengah situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Agus meminta kepada berbagai pihak untuk mendukung dalam pengembangan produk dan pemasarannya. Sehingga dapat menekan biaya produksi.

“Kami berharap banyak pihak yang mendukung sehingga dapat menekan biaya produksi sekaligus membantu distribusi ke seluruh rumah sakit yang membutuhkan,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Kemenristek/BRIN berkomitmen mendukung dan akan memfasilitasi penanggulangan pandemi Covid-19 melalui Konsorsium Riset dan Inovasi terkait Covid-19.

"Kami berkomitmen pengembangan lebih lanjut hasil inovasi, termasuk alat kesehatan, obat, terapi, dan vaksin dari seluruh lembaga penelitian di Indonesia. Salah satu inovasi yang didukung tersebut adalah inovasi dari LIPI yang bernama GLP HFNC-01," tutup Menristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini