Rentan Celah Keamanan, Adobe Flash Dipensiunkan Akhir 2020

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 10:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 20 207 2233387 rentan-celah-keamanan-adobe-flash-dipensiunkan-akhir-2020-Htdu9AuTot.jpg (Foto: Ist)

SAN JOSE - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Adobe, berencana menghentikan aplikasi miliknya, yakni Adobe Flash. Dikutip Sindonews, semua dukungan terhadap plug-in tersebut akan berhenti pada 31 Desember 2020.

Dipensiunkannya Flash menjawab rumor yang beredar sekitar tahun 2017, yang menyebutkan bahwa aplikasi ini akan segera dimatikan. Namun, baru terjawab tiga tahun kemudian.

Nantinya, setelah melampaui tangga dari EOL milik Flash Player, Adobe akan menghapus laman unduhan Flash pada halaman web mereka. Semua konten-konten Flash juga tidak akan bisa lagi diakses pada Flash Player.

Selain itu, Adobe juga meminta semua pengguna Flash untuk segera menghapus aplikasi tersebut dari perangkat masing-masing, karena tidak mendapat dukungan lagi dari perusahaan.

“Konsumen seharusnya tidak menggunakan Flash Player setelah tanggal EOL karena tak didukung lagi oleh Adobe,” tulis Adobe, dikutip dari laman resminya, Jumat (19/6/2020).

Flash Player merupakan ekstensi yang dibuat Adobe pada 20 tahun yang lalu. Flash menjadi ekstensi yang paling populer dan menjadi rujukan pertama bagi para pengembang untuk menampilkan konten-konten mereka, seperti game, media player, maupun konten lainya yang bergerak melalui Flash.

Namun, karena dianggap sudah tertinggal, kini Flash mulai dilupakan dan tergantikan oleh HTML5 yang lebih modern serta lebih aman dibanding Flash yang rentan diretas. Flash diketahui rentan terhadap celah keamanan yang bisa dimanfaatkan peretas untuk menyerang komputer korban.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini