NASA Hubble Tangkap Gambar Nebula Menyerupai Kupu-Kupu

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 56 2233781 nasa-hubble-tangkap-gambar-nebula-menyerupai-kupu-kupu-bEKDlRYRvn.jpg (Foto: Techeblog/NASA)

JAKARTA - Astronom menemukan nebula yang dinamakan NGC 6302 dan NGC 7027. Kedua Nebula tersebut tampak memperlihatkan pola yang rumit, tetapi cukup menarik untuk diamati.

Khusus NGC 6302, terungkap memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu. Dikutip Techeblog, astronom menggunakan kemampuan pencitraan lengkap Hubble Space Telescope milik NASA untuk menemukan 'kekacauan' dalam dua nebula.

NGC 6302, Nebula Kupu-kupu karena penampilannya yang seperti sayap dan NGC 7027, mirip serangga permata dengan shell logam berwarna-warni.

Tim peneliti belum pernah melihat tingkat kerumitan dan perubahan cepat dalam jet dan gelembung gas yang meledak dari bintang-bintang di pusat kedua nebula.

Para astronom berspekulasi bahwa di bagian 'hati' kedua nebula adalah dua bintang yang saling berputar-putar. Kabarnya, masing-masing nebula memiliki jepitan, pinggang berdebu dan lobus atau aliran polar, serta pola simetris yang lebih kompleks.

"Ketika saya melihat di arsip Hubble dan menyadari tidak ada yang mengamati nebula ini dengan Wide Field Camera 3 Hubble di seluruh rentang panjang gelombang penuhnya, saya terjatuh," kata Joel Kastner dari Institut Teknologi Rochester, Rochester, New York, pemimpin studi baru.

Ia mengatakan, pengamatan Hubble multi-panjang gelombang baru ini memberikan pandangan paling komprehensif hingga saat ini dari kedua nebula spektakuler ini.

"Ketika saya mengunduh gambar yang dihasilkan, saya merasa seperti anak kecil di toko permen,” ujarnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini