LAPAN Rilis Penampakan Gerhana Matahari Sebagian 21 Juni

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 56 2233906 lapan-rilis-penampakan-gerhana-matahari-sebagian-21-juni-zMTLTYZ12s.jpg (Foto: LAPAN)

JAKARTA - Fenomena gerhana matahari sebagian terjadi pada hari ini atau 21 Juni 2020. Sebagian wilayah di Indonesia dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari tersebut.

Dokumentasi peliputan gerhana Matahari sebagian di Balai Pengelola Observatorium Nasional LAPAN Kupang diunggah ke akun Instagram lapankupang.

"Gerhana Matahari yang terjadi pada tanggal 21 Juni 2020 dapat diamati di sebagian daerah di Indonesia. Piringan Matahari yang teramati di Kabupaten Kupang tertutup Bulan sebesar 2,89%," tulis akun Instagram lapankupang.

Melalui foto yang diunggah ini, terlihat hanya bagian pinggiran matahari saja yang tertutup dengan bulan. Sehingga, wilayah Indonesia tidak dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin yang bisa disaksikan di negara lain.

Diberitakan sebelumnya, ada 432 kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia yang dilintasi jalur gerhana matahari.

Dari sejumlah wilayah yang dilintasi gerhana matahari, Sabang, Aceh merupakan daerah yang dapat mengamati gerhana paling awal pada pukul 13.16 WIB, menurut BMKG. Sementara kota yang memulai gerhana paling akhir ialah Kepanjen, Jawa Timur pada pukul 15.19 WIB.

Sementara negara yang dapat menyaksikan gerhana matahari cincin seperti Uni Emirat Arab (UEA). Di sana, GMC mulai teramati pada pukul 08.14 pagi waktu setempat dan mencapai puncaknya pada pukul 09.36 waktu setempat.

Selain di UEA, India juga dapat menyaksikan fenomena serupa. Bhuj menjadi kota pertama di India yang dapat memantau pergerakan Gerhana Matahari Cincin pada pukul 09.58 waktu setempat.

Selain di kedua negara itu, Gerhana Matahari Cincin juga teramati di sebagian besar negara di Asia, Afrika, Pasifik, Samudra Hindia, sebagian Eropa dan Australia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini