Foto Bayangan Bulan saat Gerhana Matahari Dilihat dari Luar Angkasa

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 11:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 23 16 2234792 foto-bayangan-bulan-saat-gerhana-matahari-dilihat-dari-luar-angkasa-idBcvAR1Q8.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Gerhana matahari cincin telah terjadi pada 21 Juni 2020. Fenomena tersebut membuat area yang terkena bayangan bulan menjadi lebih gelap.

Astronaut ternyata mengabadikan fenomena alam tersebut dari luar angkasa. Dikutip Space, astronaut NASA, Chris Cassidy yang bekerja di stasiun luar angkasa (ISS) menangkap foto bayangan bulan ketika fenomena gerhana matahari cincin.

"Super keren melihat Annular Solar Eclipse yang melewati sisi kanan kami saat kami terbang melintasi China pagi ini," tulis Chris Cassidy dalam akun Twitter @Astro_SEAL.

Dari luar angkasa, gerhana matahari cincin tampak sangat mirip dengan gerhana matahari total. Para astronot dan satelit dapat melihat fenomena tersebut dengan mencari bayangan bundar yang berada di permukaan Bumi.

Foto yang beredar memperlihatkan bayangan bulan tepat mengenai permukaan Bumi. Inilah yang disaksikan oleh Cassidy dari sudut pandangnya. Pada saat itu, stasiun ruang angkasa melewati sekitar 400 kilometer di atas permukaan Bumi.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini