Tips Merawat Kulkas agar Tetap Awet dan Dingin

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 15:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 23 16 2234969 tips-merawat-kulkas-agar-tetap-awet-dan-dingin-7Ou1jD0fOz.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kulkas membantu untuk membuat makanan tetap awet dan minuman agar tetap dingin. Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk dapat membuat kulkas tetap awet, dikutip Mentalfloss.

Beri Jarak

Jika Anda memiliki ruang luas di dapur, tempatnya kulkas sejauh mungkin dari oven dan dishwasher (pencuci piring). Panas yang dihasilkan oleh oven, kompor dan mesin pencuci piring akan memaksa lemari es atau kulkas bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu dinginnya.

Hindari Buka Tutup Terlalu Sering

Sering membuka dan menutup pintu membuat lemari es lama Anda menjadi 'tegang'. Cobalah untuk menghindari makan di depan kulkas dalam posisi pintu kulkas terbuka, jangan biarkan udara dingin keluar dari kulkas.

Bersihkan Gasket Kulkas

Pada bagian pintu kulkas, terdapat door gasket atau karet yang membantu proses pendinginan lebih optimal. Komponen ini bisa kotor atau aus seiring waktu.

Bersihkan dengan menggunakan air hangat dan sabun lembut atau sikat gigi bekas untuk menggosok kotoran pintu dengan lembut.

Hindari Memasukan Makanan/Minuman Panas

Jika Anda memiliki sisa makanan, jangan langsung memasukkan ke dalam lemari es saat masih panas. Ini dapat secara dramatis menaikkan suhu lemari es, membuat kompresor bekerja lebih keras untuk mendinginkan kulkas.

Jika Anda membiarkan makanan mendingin pada suhu kamar sebelum memasukkannya ke dalam lemari es, Anda akan melepaskan sebagian ketegangan dari lemari es Anda.

Bersihkan Condenser Coils

Ada salah satu bagian kulkas, condenser coils yang melepaskan panas. Ketika debu, kotoran, dan rambut hewan peliharaan berkumpul di sekitar koil kondensor, sistem mengalami panas, kompresor bisa rusak, dan lemari es Anda tidak dapat menjaga makanan tetap dingin.

Tergantung pada jenis kulkas yang Anda miliki, Anda mungkin dapat mengakses koil kondensor dari belakang atau dari bagian depan bawah. Gunakan penyedot debu atau sikat bulu untuk membersihkan gulungan setiap beberapa bulan.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini