Apple Silicon Siap Gantikan Posisi Intel di Perangkat Mac

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 23 16 2235026 apple-silicon-bakal-gantikan-intel-perkuat-perangkat-mac-3dyqsxhYkO.jpg (Foto: Apple Developer)

CUPERTINO - Apple mengumumkan Apple Silicon sebagai pengganti Intel untuk perangkat Mac. Informasi tersebut diungkap perusahaan dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020, dikutip Sindonews.

Apple Silicon adalah prosesor besutan Apple sendiri yang berbasis arsitektur Advanced RISC Machine (ARM). Prosesor ini akan digunakan disemua lini perangkat komputer dan laptopnya.

Chipset yang berbasis ARM ini tidak serta merta langsung menggantikan chipset Intel. Apple mengatakan transisi ke iMac, Mac Mini hingga Macbook akan dilakukan bertahap.

Apple akan merilis perangkat Mac pertama dengan prosesornya sendiri pada akhir tahun ini, dan mereka memperkirakan transisi akan memakan waktu dua tahun.

Apple menjanjikan tingkat kinerja baru dan konsumsi daya yang jauh lebih sedikit dengan kepindahannya ke prosesor produksinya sendiri.

Ini menjadi langkah besar bagi Apple, sebab macOS akan mendukung aplikasi iOS asli dan aplikasi macOS berdampingan pada mesin baru ini di masa depan.

“Sebagian besar aplikasi hanya akan berfungsi,” kata CEO Apple Tim Cook, di panggung WWDC 2020.

Selain kemungkinan aplikasi iOS dan iPadOS berjalan berdampingan di macOS, tentu saja ada beberapa perubahan lainnya yang ditawarkan oleh chipset ini nantinya.

Apple menjanjikan tingkat kinerja baru dan konsumsi daya yang jauh lebih sedikit dengan kepindahannya ke prosesor internal. Apple sedang merancang jajaran SoC untuk Mac, dengan fitur unik untuk Mac.

Arsitektur berbasis ARM yang umum di seluruh produk Apple sekarang seharusnya memudahkan pengembang untuk menulis dan mengoptimalkan aplikasi di setiap perangkat Apple.

Aplikasi di ekosistem Apple sendiri akan diperbarui untuk mendukung chipset internal di macOS Big Sur, dan perusahaan berharap pengembang akan memperbarui aplikasi mereka.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini