7 Fitur iOS 14 yang Muncul Lebih Dulu di OS Android

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 24 16 2235432 7-fitur-ios-14-yang-muncul-lebih-dulu-di-os-android-K1CJxGbsUY.jpg (Foto: IST)

CUPERTINO - Apple telah mengungkap iOS 14 pada event gelaran tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020. Versi terbaru itu membawa sejumlah fitur dan peningkatan untuk pengguna.

Beberapa fitur yang hadir di iOS 14 tampaknya sudah dirasakan lebih dahulu oleh pengguna Android. Berikut beberapa fitur di iOS yang sebenarnya sudah ada di Android, dikutip Sindonews.

Translate Real Time

Di iOS 14, Apple memperkenalkan aplikasi penterjemah sendiri yang salah satunya bisa digunakan untuk menerjemahkan secara langsung di layanan percakapan. Ada 11 bahasa yang tersedia, termasuk Inggris, Mandarin, Prancis, dan Jerman.

Sementara Android, sudah cukup lama menyematkan aplikasi khusus untuk menerjemahkan dengan lebih dari delapan bahasa secara real time.

Picture-in-picture

Apple juga menghadirkanfitur picture-in-picture yang baru yang baru datang di iOS 14. Dengan fitur ini pengguna iPhone tetap bisa memutar video sembari membuka aplikasi yang lain, di mana video diperkecil.

Fitur seperti ini, sudah lebih dulu digunakan pengguna Android pasti sudah cukup lama akrab dengan fitur semacam itu. Namun memang tidak sama lengkap karena jika video diswipe, audionya ikut menghilang, tak seperti di iOS 14.

Arah Sepeda di Apple Maps

Apple Maps yang diperbaharui menyediakan cara bepergian lebih ramah lingkungan dengan bersepeda. Apple memberi opsi jalur sepeda yang terdedikasi dan mendetail untuk membantu memberi arah para pesepeda, termasuk misalnya ketinggian dan ada benda seperti tangga.

Meski memang tidak sama detail, Google Maps di Android sudah punya opsi 'cycling' sejak tahun 2010. Jalur sepeda juga sudah memasukkan faktor seperti ketinggian.

Widgets

Salah satu hal paling penting disorot dari software untuk iPhone itu, akhirnya iOS punya widget di home screen.

Disebut Widget Gallery atau Galeri Widget, pengguna bisa dengan mudah menambahkan atau menyesuaikan aplikasi yang diinginkan.

Sebelum pengumuman di WWDC, pengguna iPhone hanya bisa memiliki aplikasi di layar beranda iPhone. Boleh dibilang ini adalah fitur yang sudah lama hadir di Android, tepatnya sejak 2008.

Wind Down Mode

Fitur baru lainnya yang ada di iOS 14 dinamakan Wind Down Mode, fitur ini membantu user bersiap-siap tidur tanpa gangguan dari smartphone.

Bekerja di iPhone dan Apple Watch, user dapat menjadwalkan waktu tidur dan bangun, kemudian mode ponsel jadi mode Do Not Disturb di waktu tersebut.

Google memang tidak memiliki aplikasi khusus untuk ini, tetapi ada cara untuk mengatur rutinitas waktu tidur melalui aplikasi Google Home.

Klip Aplikasi

Klip Aplikasi Apple memungkinkan pengguna mempratinjau "sebagian kecil" aplikasi dengan cepat tanpa mengunduhnya.

Ini bisa berguna ketika mencoba membayar untuk takeout atau parkir, karena Klip Aplikasi kompatibel dengan Apple Pay dan Masuk dengan Apple.

Google memperkenalkan fitur serupa, Aplikasi Instan, pada 2016. Aplikasi Instan memberikan aplikasi URL mereka sendiri sehingga pengguna tidak perlu mengunduh seluruh aplikasi untuk satu transaksi, seperti membeli tiket konser.

App Library

Bagian lain dari layar beranda yang dirancang ulang Apple adalah Perpustakaan Aplikasi atau App Libary yang membuat pengguna dapat mengorganisir aplikasi menjadi grup atau daftar yang sesuai. Selain itu, user juga dapat menyembunyikan aplikasi dari homescren utama.

Fitur-fitur tersebut mirip dengan di Android dan sudah lama ada. Beragam aplikasi di homescreen Android sudah biasa dikelompokkan berdasarkan jenisnya atau kemauan pengguna. Ini mirip dengan laci aplikasi Android, tanpa fitur pengelompokan.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini