Dorong Transformasi Digital, Google Cloud Platform Region Hadir di Jakarta

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 16:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 24 16 2235686 dorong-transformasi-digital-google-cloud-platform-region-hadir-di-jakarta-agx7R04o6Y.jpg (Foto: Google)

JAKARTA - Google meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) di Jakarta pada hari ini atau 24 Juni 2020. Menurut perusahaan, dirilisnya layanan ini karena developer dan pengusaha mengadopsi teknologi cloud yang baru untuk mengatasi tantangan serta menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

Melalui keterangan resmi kepada Okezone, region Jakarta adalah region GCP pertama kami di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

Peluncuran region Jakarta (asia-southeast2) yang baru ini lebih mendekatkan GCP ke pelanggan dan pengguna. Dengan latensi yang lebih rendah untuk akses ke data dan aplikasi, perusahaan yang berbisnis di Indonesia dapat mempercepat transformasi digital mereka.

Ini juga akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, serta menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di APAC.

Dari awal, region ini dirancang untuk memiliki tiga zona Cloud sehingga bisa menangani beban kerja yang memerlukan tingkat ketersediaan tinggi. Dengan adanya region ini, Google Cloud sekarang menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Adanya region di Jakarta ini akan membantu pelanggan dan calon pelanggan baru dalam memanfaatkan teknologi Google Cloud.

Region Jakarta diluncurkan dengan disertai kemasan layanan standar, termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Para developer, data scientist, dan data engineer juga dapat memanfaatkan solusi ML (machine learning) dan AI (kecerdasan buatan) untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment. Pelanggan hybrid cloud dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini