Ingin Mencicipi Versi Beta iOS 14? Ikuti Langkah-Langkah Ini

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 16 2236063 ingin-mencicipi-versi-beta-ios-14-ikuti-langkah-langkah-ini-bx9u3YLBxk.jpg (Foto: Apple)

JAKARTA - Apple telah mengumumkan kemunculan iOS 14. Perusahaan belum meluncurkan secara resmi update iOS versi terbaru tersebut. Pengguna yang ingin mencoba iOS 14 bisa menjajalnya melalui versi beta.

Dikutip Techradar, ada cara mudah untuk mengunduh beta iOS 14, yakni mendaftar untuk menjadi pengembang Apple dan membayar sedikit biaya.

Anda juga bisa menunggu untuk mendapatkan iOS 14 beta publik pada Juli atau versi terakhir pembaruan perangkat lunak Apple, kemungkinan pada September dengan iPhone 12.

Perlu diingat bahwa tidak semua iPhone akan dapat mengunduh iOS 14. Perangkat yang lebih tua dari iPhone 6S tampaknya tidak akan mendapatkan versi beta maupun versi lengkap dari iOS 14 saat tiba akhir tahun ini.

Bila Anda mengunduh melalui beta pengembang, ini sama dengan pembaruan iOS 13. Jadi jika Anda bisa mengunduh itu, Anda bisa mendapatkan OS baru.

Berikut ini beberapa cara untuk dapat mencicipi versi beta iOS 14.

Anda harus menjadi bagian dari Apple Developer Program untuk mendapatkan akses ke beta pengembang. Untuk mendaftar sebagai individu, buka halaman pendaftaran program resmi dan ikuti instruksi.

Anda akan memerlukan Apple ID dan dokumentasi pribadi, dan membayar biaya tahunan sekitar USD99 untuk mendaftar.

Sebelum mendapatkan iOS 14, back up terlebih dahulu iPhone Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mengembalikan pengaturan, aplikasi, dan data ponsel Anda ke normal jika terjadi kesalahan.

Untuk mengunduh profil beta iOS 14, Anda perlu mengunduh profil ke perangkat yang kompatibel. Buka developer.apple.com/download dan ikuti instruksi untuk mengunduh profil beta.

Ketuk ikon menu 'garis hamburger' di kiri atas dan ketuk 'unduhan', gulir ke bawah hingga Anda melihat iOS 14 beta dan klik tombol 'pasang profil'. Ini akan menempatkan file itu sendiri di perangkat Anda, yang harus Anda instal secara manual dengan menavigasi melalui pengaturan.

Setelah profil ini diunduh, Anda harus menginstalnya secara manual juga - buka Settings > General > Profile, lalu pilih Profile Downloaded (opsi baru yang akan muncul), lalu klik profil yang dipilih.

Setelah profil beta iOS 14 diinstal, tetap di menu Settings, gulir ke bawah ke General dan pilih Software Update. Jika langkah-langkah berikut telah diikuti dengan benar, Anda sekarang harus memiliki opsi untuk mengunduh iOS 14 beta.

Kabarnya, update menghabiskan ruang sebesar 5GB, pastikan perangkat tidak dalam kondisi baterai lemah dan luangkan waktu untuk mengunduh.

Restart ponsel Anda, dan sekarang Anda akan menggunakan iOS 14 beta. Ini memungkinkan Anda untuk menguji perangkat lunak yang akan ditunggu oleh rekan-rekan Anda selama berbulan-bulan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini