Bulan Europa Milik Jupiter Dapat Mendukung Kehidupan?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 16 2236389 bulan-europa-milik-jupiter-dapat-mendukung-kehidupan-xehDZH4vh9.jpg (Foto: Public Domain)

JAKARTA - Europa merupakan bulan terbesar di sistem tata surya. Sejak misi Voyager dan Galileo, ilmuwan berpendapat bahwa Europa menyimpan samudera.

Dilansir Techexplorist, para ilmuwan, yang berbasis di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, memodelkan reservoir geokimia di bagian dalam Europa menggunakan data dari misi Galileo.

Model baru mereka mendukung teori bahwa laut interior di Europa bulan Jupiter bisa mendukung adanya kehidupan.

Mereka juga telah menghitung bahwa air ini, yang diyakini sebagai samudera di bawah permukaan es, dapat terbentuk oleh kerusakan mineral yang mengandung air karena gaya pasang surut atau peluruhan radioaktif.

"Kami dapat memodelkan komposisi dan sifat fisik inti, lapisan silikat, dan lautan," kata Peneliti utama, Mohit Melwani Daswani.

Pihaknya menemukan bahwa berbagai mineral kehilangan air dan volatile pada kedalaman dan suhu yang berbeda.

"Kami menambahkan volatil ini yang diperkirakan telah hilang dari interior. Kami menemukan bahwa mereka konsisten dengan perkiraan massa lautan saat ini, yang berarti bahwa mereka mungkin ada di lautan," katanya.

Para ilmuwan menemukan bahwa dunia lautan seperti Europa dapat dibentuk oleh metamorfisme. Metamorfisme adalah perubahan mineral atau tekstur geologis pada batuan yang sudah ada sebelumnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini