3 Bahaya Narkotika pada Otak, Ganggu Sel Saraf hingga Halusinasi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 16 2236831 3-bahaya-narkotika-pada-otak-ganggu-sel-saraf-hingga-halusinasi-efMdZgpSNs.jpg (Foto: Bigthink)

JAKARTA - Penggunaan narkotika atau obat-obatan terlarang bisa mempengaruhi kerja otak. Seperti diketahui, otak merupakan pusat kendali tubuh. Apabila kerja otak terganggu, dikhawatirkan ini akan berpengaruh terhadap fungsi tubuh manusia.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini bahaya narkotika pada otak manusia.

Ubah Sel Saraf dalam Otak

Mengonsumsi narkoba akan memicu perubahan pada sel saraf dalam otak. Ini kemudian mengganggu komunikasi antar sel saraf. Bahkan ketika konsumsi telah dihentikan, efeknya tidak dapat langsung hilang.

 

Picu Otak Bekerja Lebih Keras

Narkoba punya sifat stimulan, sehingga memicu otak untuk bekerja lebih keras. Efek dari penggunaan narkoba itu bisa membuat seseorang sulit tidur, jantung berdebar lebih cepat hingga tekanan darah meningkat.

Picu Halusinasi

Penggunaan narkoba jenis tertentu bisa memicu halusinasi atau kondisi seseorang yang berkhayal kelewat batas wajar. Efek buruk lainnya termasuk gangguan kecemasan, kebingungan serta paranoia hingga gangguan mental seperti depresi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini