Daftar Aplikasi Tawarkan Fitur Cek Gejala Covid-19

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 26 Juni 2020 16:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 26 16 2236946 daftar-aplikasi-tawarkan-fitur-cek-gejala-covid-19-vVyYMikeHK.jpg (Foto: Huffington Post)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 belum berakhir. Negara-negara di dunia berusaha untuk menekan angka penyebaran virus, termasuk di Tanah Air.

Salah satu upaya untuk mencegah penularan ialah memastikan apakah diri kita menyimpan virus atau sebagai carrier. Sebagai langkah awal, seseorang bisa memanfaatkan layanan cek gejala Covid-19.

Berikut ini beberapa aplikasi atau layanan yang mendukung cek mandiri gejala Covid-19.

JAKI/Kalkulator Covid-19

Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Harvard CLM Team dan KlakKlik.id menyediakan layanan cek gejala Covid-19 melalui aplikasi. Disebut Kalkulator Covid-19, layanan itu bisa diakses melalui aplikasi 'JAKI - Jakarta Kini'.

Layanan Kalkulator Covid-19 yang didukung teknologi AI mengharuskan pengguna mengisi beberapa pertanyaan dimulai dengan identitas diri. Pengisian identitas diri diperlukan, karena jika di akhir tes kamu diprioritaskan untuk mengikuti tes PCR, data diri akan dicocokkan dengan kartu identitas.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu benar-benar penyerta Kalkulator Covid-19 dan membutuhkan tes medis lanjutan.

Selanjutnya, Anda akan mengisi pertanyaan seputar kondisi dan riwayat kesehatan, riwayat kontak dengan kasus Covid-19, hingga riwayat perjalanan.

Cared+

Perusahaan teknologi asal Yogyakarta, Gamatechno, mengembangkan aplikasi pengecekan mandiri dan monitoring kolektif Covid-19. Aplikasi itu dinamakan Cared+.

Aplikasi tersebut membantu desa, kecamatan, kelurahan, RT dalam monitoring warga terkait kondisi gejala Covid-19 melalui hasil pengecekan mandiri (self-screening) oleh setiap warga. Pengecekan mandiri bertujuan menekan risiko penularan Covid-19 saat seseorang harus datang ke faskes.

SehatQ

Layanan kesehatan online, SehatQ menghadirkan fitur cek Covid-19 mandiri. Layanan ini memudahkan masyarakat untuk memeriksa apakah ia terinfeksi Covid-19.

Dengan melakukan tes mandiri via aplikasi SehatQ, pengguna memperoleh instruksi untuk penanganan berikutnya. Konsultasi online bisa dilakukan melalui tim dokter SehatQ.

Cek gejala Covid-19 secara mandiri ini dinilai penting agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus keluar rumah. Apabila hasil tes negatif, pasien tetap dianjurkan melakukan physical distancing dan tetap berada di rumah.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini