10 Juta Lebih Infeksi Covid-19, 500.000 Lebih Manusia Meninggal Dunia

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 18:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 16 2239026 10-juta-lebih-infeksi-covid-19-500-000-lebih-manusia-meninggal-dunia-gFje9FjwzZ.jpg (Foto: IST)

NEW YORK - Pandemi Covid-19 di seluruh dunia dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 10 juta kasus, dikutip Sindonews. Angka kematian dari kasus Covid-19 melebihi setengah juta manusia.

Jika dilihat dari seluruh negara di dunia, Amerika Serikat menjadi negara teratas dalam kasus kematian dan penularan virus corona. Seperempat dari total yang ada, berasal dari Negeri Paman Sam.

Kemudian di tempat kedua ada Brasil, dengan jumlah penularan mencapai 1,34 juta kasus. Negeri Samba sempat menunda karantina wilayah atau lockdown dan mencoba menyembunyikan peningkatan jumlah kasus di negaranya.

Presiden Brasil, Jaul Bolsonaro, dianggap tidak mengeluarkan kebijakan yang populis terhadap krisis ini. Bahkan, dia juga menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 hanyalah “khayalan media”.

Selain itu, Bolsonaro juga sempat mengancam akan keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena Covid-19.

Setelah itu di tempat ketiga ada Rusia, dengan total penularan mencapai lebih dari 641.000 kasus. Sebelumnya, selama berbulan-bulan Negeri Beruang Putih sempat menyangkal pandemi Covid-19 benar-benar terjadi.

Meski jumlah penularan dan kematiannya sudah sangat tinggi, tetapi ahli kesehatan di seluruh dunia percaya bahwa angka sebenarnya jauh lebih tinggi.

Terlebih jika mengingat banyaknya orang tanpa gejala (OTG) atau dengan gejala ringan yang terinfeksi virus. Sebab, mereka masih dapat menularkan virus ke orang lain. Selain itu, cara menghitung angka kematian berbeda di masing-masing negara.

Virus corona pertama kali teridentifikasi akhir Desember tahun lalu di Wuhan, China. Wuhan juga menjadi kota pertama yang menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini