Masalah Roket Bikin NASA Tunda Peluncuran Rover Mars 2020

INews.id, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 16 2239879 masalah-roket-bikin-nasa-tunda-peluncuran-rover-mars-2020-kSDRLpO2u5.jpg (Foto: NASA)

CALIFORNIA - Badan antariksa NASA menunda peluncuran rover Mars 2020 bernama Perseverance, dikutip iNews. NASA menemukan masalah dengan roket.

Rover sekarang dijadwalkan meluncur pada 30 Juli di Cape Canaveral, Florida. Sebelumnya, NASA sempat memutuskan memundurkan jadwal ke 20 Juli 2020 karena menemukan masalah.

Penundaan Perseverance semakin mendekati peluang peluncuran terbatas, yang awalnya membentang dari 17 Juli hingga 11 Agustus. NASA dan badan antariksa lainnya hanya memiliki waktu tipis setiap dua tahun untuk mengirim pesawat luar angkasa ke Mars.

NASA memiliki waktu yang terbatas, mengingat Planet Merah berada di posisi paling dekat dengan Bumi pada orbitnya mengelilingi Matahari. NASA telah mendorong pelucuran beberapa kali sebelumnya karena masalah peralatan di jalur darat yang mendukung launching.

Jika NASA melewatkan kesempatan untuk meluncurkan Perseverance masim panas ini, badan antariksa harus menunggu hingga 2022 untuk mencobanya lagi. Namun, NASA mengumumkan, hari ini jendela peluncuran rover diperpanjang beberapa hari hingga 15 Agustus.

Selain itu, tim penerbangan sedang menganalisis apakah jendela tersebut dapat diperpanjang lebih lanjut ke Agustus. NASA kali ini menyalahkan keterlambatan pada masalah yang muncul dalam roket Perseverance, roket Atlas V yang diproduksi dan dioperasikan United Launch Alliance.

Perusahaan melakukan gladi resik roket pada 22 Juni, mengisinya dengan propelan dan menjalankan semua prosedur pelatihan untuk peluncuran yang sebenarnya. Selama pengujian ini, garis sensor yang memantau tingkat propelan oksigen cair dalam kendaraan memberikan kembali data yang buruk.

Oleh karena itu, tim ULA perlu waktu ekstra untuk mencaritahu apa yang salah. Lalu memperbaikai masalah yang ada tersebut. Mempersiapkan Perseverance untuk diluncurkan musim panas ini telah menjadi proses yang sulit bagi tim misi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA karena pandemi Covid-19.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini