5 Tips Cegah Anak Kecanduan Bermain Gadget

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 16 2239946 5-tips-cegah-anak-kecanduan-bermain-gadget-kSpVVglgFv.jpg (Foto: Daily Express)

JAKARTA - Smartphone atau tablet bisa digunakan oleh anak-anak untuk membantunya belajar dan mencari informasi. Meskipun anak bisa menggunakan ponsel, namun orangtua perlu untuk mengawasi dan memastikan tidak ada konten negatif yang terpapar pada anak.

Anak yang sudah mahir memakai gadget, mungkin akan sulit lepas dari perangkat tersebut. Anak pun menjadi marah ketika gadget-nya disimpan oleh orangtua.

Berikut ini beberapa hal yang bisa orangtua lakukan untuk mencegah anak kecanduan bermain gadget.

Batasi Waktu

Batasi waktu bermain dengan gadget, misalkan anak diizinkan bermain maksimal 30 menit. Tentunya, orangtua tetap perlu mengawasi anak saat bermain guna mencegah anak mengakses konten-konten negatif.

Buat Jadwal

Buat jadwal aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak. Sehingga, anak mengetahui kapan ia boleh bermain gadget dan beraktivitas lainnya. Hal ini bisa dilakukan agar anak tidak selalu bermain gadget sepanjang hari.

Jauhi Anak dari Gadget

Hindari menempatkan gadget, baik ponsel pintar atau tablet maupun komputer di kamar anak. Simpan gadget tersebut di tempat yang tidak diketahui oleh anak, sehingga ia dapat melakukan aktivitas lainnya.

Ajarkan Anak Menahan Diri

Orangtua perlu memotivasi agar anak bisa menahan diri dari bermain gadget. Berilah pujian kepada anak apabila ia mampu menahan diri.

Bermain di Outdoor

Bersama teman sebaya, anak bisa bermain di luar rumah atau di ruang terbuka (outdoor). Permainan yang bisa dilakukan bersama teman di luar rumah diharapkan membuatnya mampu menghindari bermain gadget terus-menerus di rumah.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini