Share

Tahukah Anda, Cincin Saturnus Terdiri dari Es dan Batu

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 16 2240433 tahukah-anda-cincin-saturnus-terdiri-dari-es-dan-batu-bsJXhN8AU7.jpg (Foto: NASA Solar System Exploration)

JAKARTA – Saturnus adalah planet keenam dalam sistem tata surya. Jupiter dan Uranus adalah planet-planet yang menjadi tetangga dari Saturnus.

Mengutip dari Space Place NASA, Saturnus bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin. Planet ini memiliki tujuh set cincin utama yang indah dengan ruang di antara mereka.

Cincin yang dapat dilihat oleh mata manusia terbuat dari kelompok cincin kecil yang mengelilingi Saturnus. Mereka terbuat dari es dan batu. Lebar cincin Saturnus sekitar 400.000 kilometer (240.000 mil).

Seperti Jupiter, Saturnus adalah raksasa gas yang berisikan hidrogen dan helium. Selain itu, Saturnus memiliki atmosfer yang kental.

Saturnus memiliki rotasi waktu yang berbeda dengan Bumi. Satu hari di Saturnus berlalu hanya dalam 10,7 jam. Itu berarti, satu tahun di Saturnus sama dengan 29 tahun di Bumi.

Untuk mengetahui tentang Saturnus, empat pesawat ruang angkasa robot pernah mengunjungi Saturnus, di antaranya Pioneer 11, Cassini, dan Voyager 1 dan 2. Dari gambar yang diambil oleh Cassini, cincin Saturnus memiliki warna abu-abu dan coklat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini