Pantau 12 Hari, Teleskop Luar Angkasa Hubble Temukan 10.000 Galaksi

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 16 2240761 pantau-12-hari-teleskop-luar-angkasa-hubble-temukan-10-000-galaksi-WFIQdE3GnE.jpg (Foto: Hubble Space Telescope)

JAKARTA - Galaksi adalah kumpulan gas, debu, dan bintang-bintang yang berada di alam semesta. Begitu banyak jumlah galaksi, bahkan peneliti pun belum bisa menghitung semuanya, beberapa ilmuwan berpikir mungkin ada sebanyak satu miliar galaksi di alam semesta.

Mengutip dari Space Place NASA, Teleskop Luar Angkasa Hubble mengamati sepetak ruang kecil langit selama 12 hari. Mereka menemukan 10.000 galaksi, dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Beberapa galaksi memiliki bentuk spiral, mereka memiliki lengan melengkung yang membuatnya terlihat seperti roda kincir. Galaksi lain memiliki bentuk lonjong, mereka disebut galaksi elips.

Ada pula galaksi yang memiliki bentuk tidak teratur dan terlihat seperti gumpalan. Cahaya yang kita lihat dari masing-masing galaksi tersebut berasal dari bintang-bintang di dalamnya.

Terkadang, jarak antar galaksi terlalu dekat dan menabrak satu sama lain. Bisa saja galaksi Bima Sakti suatu hari akan bertemu tetangganya yaitu Andromeda.

Tetapi tidak perlu khawatir, hal itu tidak akan terjadi selama sekitar lima miliar tahun. Bahkan meski jika akan terjadi besok mungkin Anda tidak akan menyadarinya. Selain ukurannya yang sangat besar, galaksi tersebar di langit.

Sehingga meskipun galaksi saling bertabrakan, planet-planet dan tata surya tidak akan mendekati saling bertabrakan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini