4 Tips Menjaga Kuota Internet agar Tidak Mudah Habis

INews.id, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 16 2241398 4-tips-menjaga-kuota-internet-agar-tidak-mudah-habis-fSon3MSzrT.jpg (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, sebagian karyawan bekerja dari rumah. Hal ini guna memutus penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

Saat bekerja di rumah atau work from home (WFH), Anda perlu menyiapkan kuota data internet yang cukup. Agar kuota internet tidak mudah habis, berikut hal yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip iNews.

1. Aktifkan Data Saver di Chrome

Chrome merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan banyak orang. Jika ingin menghemat kuota saat berinternet ria menggunakan Chrome, pengguna bisa memanfaatkan fitur Data Saver.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Chrome kemudian pilih menu pengaturan yang dapat diakses di pojok kanan atas, lalu buka Data Saver atau Penyimpanan Data dan aktifkan.

2. Pembatasan Penggunaan Data

Hal ini dilakukan agar pengguna dapat mengatur kuota internet setiap harinya. Jika sudah mendekati batas penggunaan kuota, akan ada peringatan. Caranya cukup mudah, dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone.

Cara pengaturannya cukup sederhana yakni masuk ke menu Setting (pengaturan) kemudian pilih Connections (koneksi) lalu klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage.

3. Batasi Background

Biasanya, aplikasi-aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram atau bahkan game online, jika tidak dimatikan, akan terus berjalan dan 'mencuri' kuota internet secara diam-diam.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna sebaiknya membuka pengaturan (Setting) lalu klik data usage. Nantinya akan ada berbagai aplikasi yang muncul berdasarkan seberapa banyak data kuota yang dipakai. Klik aplikasi yang ingin dibatasi, kemudian klik Restrict app background data.

4. Matikan Update Aplikasi Secara Otomatis

Kasus ini yang paling sering dihadapi pengguna smartphone yakni update aplikasi secara otomatis. Seperti diketahui, ada beberapa aplikasi yang punya kapasitas cukup besar, terlebih jika sudah ada pengumuman pembaharuan.

Pengguna smartphone harus memperhatikan setting untuk tidak terupdate secara otomatis. Caranya, bukalah Play Store, klik Settings Auto-update apps.

Di situ ada tiga pilihan yang bisa dipilih dan sebaiknya pilih Over Wi-Fi only atau Don’t auto-update apps untuk menghindari update dengan paket data.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini