4 Tips Lindungi Smartphone agar Tak Mudah Rusak

INews.id, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 16 2241745 4-tips-lindungi-smartphone-agar-tak-mudah-rusak-LYdobXOFFn.jpg (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Ponsel merupakan benda yang hampir setiap saat berada dalam genggaman pengguna. Pemilik ponsel tentu tidak ingin gadget miliknya cepat rusak.

Dengan demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan perawatan ponsel. Dikutip iNews, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan pengguna agar ponselnya tidak mudah rusak.

1. Pasang Pelindung Layar

Layar adalah salah satu komponen penting dalam ponsel pintar di masa sekarang. Sebab, semuanya ada di sana dan di layar itu pula Anda dapat menavigasikan ponsel Anda. Namun di sisi lain, layar juga paling mudah rusak. Mulai dari rentan retak, pecah, hingga kerusakan di dalam layar seperti adanya garis-garis, serta bintik hitam atau dead pixel.

Oleh sebab itu, penting untuk melindungi komponen tersebut dengan pelindung layar. Walaupun ponsel sekarang telah menyertakan layar anti gores dan tahan benturan yang terbuat dari Gorilla Glass, tak ada salahnya untuk memberikan perlindungan tambahan.

2. Pakai Casing

Jika layar Anda sudah dilapisi dengan pelindung, selanjutnya yang tak kalah penting adalah melindungi keseluruhan body ponsel dengan casing. Saat ini banyak yang menyediakan casing anti retak, sehingga melindungi fisik ponsel Anda dari benturan.

3. Jaga Ponsel Anda Tetap Kering

Ponsel saat ini banyak yang menawarkan fitur anti air. Namun di antaranya tidak dibenamkan fitur tersebut dan air menyebabkan kerusakan di bagian dalamnya.

Jika ponsel Anda tak tahan air, sebaiknya jaga ponsel tetap kering, bila perlu tambahkan perlindungan dengan casing tahan air atau hujan.

4. Hindari Ponsel dari Suhu Ekstrem

Suhu yang sangat panas atau dingin dapat merusak ponsel Anda. Membiarkannya terlalu panas atau dingin dalam waktu lama dapat merusak baterai dan komponen internal perangkat Anda.

Suhu ekstrem tersebut juga berpotensi menyebabkan ponsel kehilangan data, mempersingkat masa pakai baterai, atau bahkan mempercepat kebutuhan untuk mengganti ponsel.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini