Catat! Ini Waktu Puncak Hujan Meteor Perseid

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 16 2242162 catat-ini-waktu-puncak-hujan-meteor-perseid-gKlDr51MC9.jpg Ilustrasi Hujan Meteor. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Setiap tahun, dari sekitar 17 Juli hingga 24 Agustus, planet Bumi kita melintasi jalur orbit Comet Swift-Tuttle, induk dari hujan meteor Perseid. Ada 21 hujan meteor sepanjang tahun, Perseids adalah salah satu hujan meteor yang cerah.

Melansir TimeandDate.com, Perseids terbuat dari puing-puing angkasa kecil dari komet Swift-Tuttle, meteor tersebut diberi nama sesuai dengan konstelasi Perseus. Perseid banyak dicari oleh para astronom dan stargazer pada tahun-tahun puncaknya, seseorang dapat melihat 60 hingga 100 meteor dalam satu jam dari tempat gelap.

Pada 2020, Perseids akan memuncak pada malam hari antara 12-13 Agustus dapat dilihat dari belahan Bumi Utara. Di manapun Anda tinggal di seluruh dunia, hujan meteor Perseid 2020 Anda dapat melihat 40 hingga 50 meteor per jam, dikutip EarthSky.

hujan bintang

Hujan meteor akan aktif sejak dini hari, pukul 01.00 dengan berdasarkan arah Azimuth untuk menentukan arah utara yang benar. Selain itu, ketinggian dalam derajat di atas cakrawala pun harus diperhatikan.

Namun, tidak perlu peralatan khusus, atau pengetahuan tentang rasi bintang untuk melihat Perseid. Cukup mencari langit yang cukup gelap dan terbuka, hindari cahaya lampu gedung untuk menikmati hujan meteor ini.

Anda mungkin membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit untuk terbiasa dengan kegelapan, dan Anda perlu ketahui bahwa semua meteor berasal dari satu titik langit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini