Hindari Kontak Antar-Manusia, Robot Dikerahkan Bantu Petugas di Rumah Sakit

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 16 2243103 hindari-kontak-antar-manusia-robot-dikerahkan-bantu-petugas-di-rumah-sakit-7A84grDEtx.jpg (Foto: LG Electronics)

JAKARTA – LG Electronics, perusahaan teknologi asal Korea Selatan di tengah pandemi Covid-19 dikabarkan memperluas penyebaran robot ke rumah sakit dan restoran-restoran. Robot service ini hadir dalam dua varian, versi laci dan versi rak, melansir ZDNet.

Robot versi laci telah digunakan di rumah sakit. LG Cloi Servebot akan dikerahkan ke Rumah Sakit Universitas Seoul untuk membantu staf atau petugas medis dengan membawa peralatan medis seperti sempel darah, obat resep, dan reagen diagnostik, menurut pembuat elektronik Korea Selatan itu.

Robot memiliki ukuran 50cm x 50cm x 130cm dengan kemampuan menampung berat hingga 15 kg di tiga laci. Ini membuat robot versi laci cocok bagi rumah sakit, hotel, dan kantor.

Selain itu, Laci memiliki kunci keamanan dan operator yang dapat memantau gerakan robot, mengontrol gerakan, dan melihat riwayat penggunaan.

Sementara itu, perusahaan mengatakan akan menyebarkan versi rak dari Cloi Servebot ke lebih banyak restoran yang dijalankan oleh mitra CJ Foodville. Perusahaan juga mengirim robot untuk beberapa restoran yang bertugas mengantarkan makanan ke pelanggan serta Cloi Chefbot, robot yang dapat membuat mie.

Cloi Servebot memiliki teknologi mengemudi otonom untuk mendeteksi dan menghindari rintangan. Robot ini juga memiliki layar sentuh yang bisa menampilkan emosi untuk berinteraksi dengan orang.

Sementara robot tipe rak hadir dalam ukuran yang sama dengan versi laci. Robot ini memiliki kemampuan menampung kapasitas berat 20 kg makanan dan barang di empat rak.

Sebelumnya pada 2017 LG meluncurkan robot sebagai pemandu dan pembersihan di Bandara Internasional Incheon. Dengan adanya robot-robot ini, diharapkan mampu mengurangi beban kerja staf manusia dan mencegah kontak manusia dengan manusia.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini