Ilmuwan Pertimbangkan Kemungkinan Transit di Venus Sebelum ke Mars

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 16 2243886 ilmuwan-pertimbangkan-kemungkinan-transit-di-venus-sebelum-ke-mars-CBYzq7fqxg.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BADAN antariksa Amerika Serikat, NASA menargetkan pengiriman manusia ke Mars dalam 10 tahun mendatang. Hal ini sekaligus untuk mencari tahu, apakah manusia juga dapat tamasya ke planet lain.

Dilansir dari Bgr, selain Mars, para ilmuwan juga ingin pergi ke Venus. Mereka percaya jika mampu mengirim manusia ke Mars, maka kemungkinan juga bisa mampir ke Venus dalam perjalanan ke sana.

Misi “round-trip” Mars akan mengirim manusia ke Planet Merah, tapi dalam perjalanan mereka juga akan mengelilingi Matahari. Jika diluncurkan pada waktu yang tepat, ketika Mars dan venus berada dalam orbitnya sendiri di sekitar matahari, para peneliti mengatakan bahwa transit ke Venus dapat dilakukan.

Pergi ke mars

Dalam makalah tertulis, bahwa flybys Venus dapat meningkatkan eksplorasi round-trip Mars. Misi flyby Venus bukan hanya sebagai tambahan ‘gratis’, tetapi juga tambahan bermanfaat bagi arsitektur misi Mars.

Jika misi pertama NASA ke Mars adalah misi kelas oposisi, ada kemungkinan bahwa misi ini juga akan mencakup misi flyby Venus.

Peneliti berpendapat bahwa misi flyby akan memungkinkan untuk mendapatkan banyak data tentang Venus. Mars memang salah satu planet yang menarik bagi para ilmuwan, untuk mencari jejak kehidupan masa lalu atau masa kini di tata surya kita.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini