Work From Home Bikin Penjualan PC Meroket 2,8%

INews.id, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 16 2244293 work-from-home-bikin-penjualan-pc-meroket-2-8-GLfjIMs5BC.jpg (Foto: Unsplash)

SAN FRANCISCO - Pandemi Covid-19 memungkinkan seseorang beraktivitas di rumah. Sebagian perusahaan mungkin menerapkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Akibat tren WFH tersebut, kabarnya pengiriman PC meningkat. Dikutip iNews, industri PC bangkit kembali pada kuartal kedua 2020 usai lemah beberapa tahun. Peningkatan sebagian besar disebabkan oleh pesanan yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

Menurut Gartner dan IDC, pengiriman PC tumbuh dari tahun ke tahun pada kuartal kedua. Gartner menyebutkan pengiriman mencapai 64,8 juta unit, meningkat 2,8 persen dari Q2 2019.

Sementara IDC menyebutkan pengiriman global mencapai 72,3 juta unit, 11,2 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kedua organisasi mengaitkan pertumbuhan tersebut dengan peningkatan produksi PC setelah rantai pasokan terganggu pada kuartal pertama dan permintaan yang kuat.

Permintaan yang kuat disebabkan karena banyak orang membutuhkan komputer untuk bekerja atau belajar dari rumah. "Setelah rantai pasokan PC sangat terganggu pada awal 2020 karena pandemi Covid-19, beberapa pertumbuhan kuartal ini disebabkan oleh distributor dan saluran ritel yang mengembalikan persediaan mereka kembali ke tingkat mendekati normal," kata direktur riset Gartner, Mikako Kitagawa.

Segmen mobile PC atau laptop berjalan sangat baik, khususnya karena pembelajaran jarak jauh dan kebutuhan kerja. Namun, kedua organisasi skeptis permintaan akan terus berlanjut di 2020.

Kitagawa mengatakan, kenaikan permintaan jangka pendek karena dampak pandemi Covid-19. VP President peneliti IDC Linn Huang mengeluarkan pernyataan serupa.

"Dengan inventaris yang masih dipesan kembali, niat baik ini akan berlanjut hingga Juli. Namun, saat kita memasuki resesi global yang lebih dalam, sentimen niat baik akan semakin memburuk," ujarnya.

Gartner dan IDC mencatat, pengiriman PC tradisional melebihi harapan di Amerika Serikat dan kawasa Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. HP dan Lenovo menduduki puncak daftar vendor PC di seluruh dunia, dengan Dell berada di urutan ketiga untuk IDC dan Gartner.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini