48,9% Startup Mampu Bertahan Lebih dari 1 Tahun Setelah Pandemi

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 16 2244310 48-9-startup-mampu-bertahan-lebih-dari-1-tahun-setelah-pandemi-NJDTLz3bSW.jpg (Foto: Ist)

JAKARTA - Kondisi ekonomi tengah melemah akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Meskipun kondisi ekonomi sedang melemah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) optimis akan ada tiga startup unicorn lagi yang lahir dari Indonesia, dikutip Sindonews.

Sebelumnya, Kominfo menargetkan setidaknya ada tiga startup unicorn hingga 2024. "Itu masih bisa tercapai," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A Pangerapan, saat webinar Katadata Forum.

Semuel menilai, saat ekonomi sudah mulai bergerak setelah pandemi ini, tumpuan akan berada pada ekonomi digital. "Kita berusaha menyesuaikan diri supaya roda ekonomi bergerak. Sambil kita perbaiki kesehatan, kita harus optimistis," tegasnya.

Semuel menyebut ada tiga peluang startup unicorn datang dari sektor keuangan, pendidikan, dan pertanian.

Sementara itu, menurut riset lembaga Katadata, dari 139 startup yang disurvei pada periode Mei-Juni lalu, menunjukan 48,9% startup bisa bertahan lebih dari satu tahun setelah pandemi, dengan asusmi pandemi terjadi sejak Maret 2020.

Bahkan, sebanyak 20,9% startup mampu bertahan hingga kuartal I 2021. "Sedangkan, 10,1% startup tak mampu bertahan hingga akhir Juni 2020. Sebanyak, 20,1% perusahaan startup lainnya, mampu bertahan hingga September 2020," tutur Direktur Riset Katadata Insight Center, Mulya Amri dalam kesempatan yang sama.

Berdasarkan sektor usaha, perusahaan yang mengalami pemburukan kondisi saat survei dilakukan berasal dari sektor ekosistem pendukung digitalisasi, maritim, dan pariwisata. Sedangkan, startup di sektor sistem pembayaran, logistik, pertanian dan kesehatan justru membaik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini