NASA Pasang Rover Mars 2020 pada Roket Atlas V

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 16 2244416 nasa-pasang-rover-mars-2020-pada-roket-atlas-v-iWKFwmp2xi.jpg (Foto: NASA/Techeblog)

JAKARTA - NASA, badan antariksa Amerika Serikat menjadi salah satu yang melakukan perjalanan ke planet Mars pada bulan ini. Mempersiapkan peluncurannya, NASA dikabarkan telah memasang rover Perseverance pada kerucut roket Atlas V bersama dengan seluruh pesawat ruang angkasa untuk misi Mars 2020 pada Selasa (7/7/2020) di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, dikutip Techeblog.

Rover penjelajah ini dipasang pada kerucut roket untuk menghindari kerusakan selama peluncurannya nanti. Proses pemasangan ini dilakukan dengan menggunakan kerekan seberat 60 ton di atap Fasilitas Integrasi Vertikal yang mengangkat kerucut roket di ketinggian 129 kaki (atau 39 meter) ke atas roket Atlas V.

Pada bagian ini, para insinyur akan membuat koneksi antara fisik dan listrik yang memungkinkan kerucut tetap terhubung antara booster dan badan roket selama satu jam setelah peluncuran, sebelum nantinya akan terlepas dan melakukan perjalanan mandiri ke planet Mars.

"Saya telah melihat bagian dari pesawat ruang angkasa saya diangkat ke roket. Tetapi yang ini lebih istimewa karena ada begitu banyak orang yang berkontribusi. Kepada mereka semua, saya ingin mengatakan, kita di sini bersama-sama, dan kita akan berhasil ke Mars dengan cara yang sama,” ucap John McNamee, manajer proyek untuk misi rover penjelajah Mars 2020.

Adapun rencananya bajak penjelajah ini akan mendarat di kawah Jazero Mars pada 18 Februari 2021. Nantinya alat ini akan melakukan misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan purba di planet merah.

Selain itu, alat ini akan mengamati iklim dan kondisi geologis, yang mana akan menjadi misi planet merah pertama yang mengumpulkan dan menyimpan bebatuan dan regolit (pecahan batu dan debu) untuk dibawa ke Bumi untuk penelitian lebih lanjut.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini