Review Huawei P40 Pro, Ponsel Kece dengan Fitur Quad Camera 50MP

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 16 2244754 review-huawei-p40-pro-ponsel-kece-dengan-fitur-quad-camera-50mp-PbhOBa2jST.jpg

JAKARTA- HUAWEI kembali menghadirkan ponsel terbaru mereka di Indonesia. Muncul dalam tiga seri, Huawei bangga memperkenalkan Huawei P40, P40 Pro dan P40 Pro+. Ketiga ponsel hadir dengan desain yang keren serta performa tingkat tinggi, yang dipersembahkan untuk konsumen dan penggemar ponsel Huawei di Indonesia.

Tanpa aplikasi atau layanan Google, Huawei membuktikan diri bahwa mereka percaya diri untuk menghadirkan ponsel flagship dengan dukungan Huawei Mobile Services, alternatif dari Google Mobile Services.

Huawei Mobile Services menampilkan aplikasi dan layanan dari Huawei untuk ekosistem perangkat, mulai dari Huawei AppGallery, Huawei ID, Huawei Browser hingga Huawei Mobile Cloud.

Okezone mengulas seperti apa kecanggihan Huawei P40 Pro yang dibalut dengan warna Deep Sea Blue, yang dari tampilan luarnya saja sudah begitu memikat mata, apalagi hardware yang ditanamkan di dalamnya.

Desain

Satu kata ketika melihat bodi Huawei P40 Pro, kece. Daya tarik terutama terlihat pada bagian muka, di mana layar tampak melengkung di bagian tepi. Huawei menyebutnya Quad-Curve Overflow Display, membuat layar tampak lebih luas dan tentunya memuaskan mata ketika Anda menonton video atau bermain game.

Huawei mengusung layar 6,58 inci dengan resolusi 1200x2640 pixels untuk P40 Pro. Tampilan layar semakin mulus berkat kecepatan refresh 90 Hz.

Pada bagian depan, Huawei menempatkan dua sensor, yakni kamera selfie 32MP dan juga IR TOF 3D. Posisi kamera depan ini terletak di area sudut kanan atas.

Pada bagian sisi kiri, terdapat tombol untuk mengatur besar kecilnya volume suara dan juga tombol power. Pada bagian bawah, Anda dapat menemukan port Type-C, speaker serta slot untuk SIM Card (SIM & NM). Huawei tidak menyematkan jack audio 3,5 mm.

Pada bagian punggung, Huawei P40 Pro memiliki susunan kamera yang terletak di kiri atas. Huawei menempatkan quad camera, dengan kamera utama memiliki ketajaman 50 MP. Menariknya, salah satu kamera tampak berbentuk persegi, ini merupakan kamera telefoto 12MP.

Huawei Mobile Services

Huawei Mobile Services menyajikan berbagai aplikasi atau layanan dari Huawei untuk menunjang produktivitas pengguna. Mulai dari AppGallery, berisikan berbagai macam aplikasi yang ditawarkan di dalamnya, serupa dengan toko aplikasi Google Play Store hingga Huawei Mobile Cloud.

Pada AppGallery, Anda bisa menemukan berbagai macam aplikasi berdasarkan kategori, Game, Alat, Anak-Anak, Belanja, Berita & Bacaan, dan sebagainya. Pada bagian sub-game, misalnya, aplikasi dibagi kembali mulai dari Aksi, Bermain Peran, Game Olahraga hingga Strategi.

Beberapa aplikasi teratas juga disajikan, ditampilkan dalam bentuk peringkat yang dibagi dalam beberapa kategori seperti aplikasi dan game.

Huawei Mobile Services juga menawarkan Huawei ID. Ini merupakan kunci akses untuk layanan AppGallery, Cloud, dan Themes. Pengguna bisa masuk atau login Huawei ID melalui ponsel, tablet, PC atau perangkat wearable.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Huawei Mobile Cloud untuk back up data. Layanan ini juga memungkinkan data pengguna disimpan seperti foto, video, kontak, catatan dan informasi penting lainnya.

Petal Search Widget - Find Apps

Huawei juga menyediakan layanan pencarian yang dinamakan Petal Search Widget - Find Apps. Pengguna bisa menggunakan layanan ini untuk menemukan informasi atau berita hingga menemukan aplikasi atau game.

 

Ketika Anda memasukan kata kunci tertentu, maka Petal Search Widget - Find Apps akan memberikan hasil pencarian terkait aplikasi, disertai sumber aplikasi tersebut, misalnya AppGallery (terverifikasi) maupun APKPure.

Anda juga akan diberikan pilihan untuk menuju pencarian selengkapnya melalui Bing.

Performa

Huawei P40 Pro tampil dengan Kirin 990 5G, RAM 8GB serta dukungan GPU Mali-G76 MP16. Spesifikasi unggulan ini memungkinkan perangkat menjalankan game 3D dengan tampilan grafis terbaik.

Berdasarkan pantauan Okezone, Huawei P40 Pro saat menjalankan aplikasi benchmark AnTuTu, menampilkan grafis 3D yang sangat mulus. Terlihat gerakan animasi tidak mengalami hambatan, tidak terputus-putus dan berjalan lancar.

 

Setelah melalui pengujian benchmark AnTuTu, ponsel ini mampu menghasilkan skor 462207. Skor tersebut cukup tinggi, menunjukkan perangkat yang mumpuni untuk menjalankan berbagai macam game 3D di platform mobile.

Foto dan Video

Huawei P40 Pro tidak hanya mumpuni sebagai perangkat telekomunikasi, ponsel juga dibekali fitur unggulan untuk bidang fotografi. Kualitas kamera tidak diragukan lagi berkat dukungan Leica, menghasilkan foto yang tajam dan berkualitas.

Huawei P40 Pro memiliki 4 sensor kamera di bagian belakang. Sensor tersebut antara lain:

- 50 MP, f/1.9, 23mm (wide)

- 12 MP, f/3.4, 125mm (periscope telephoto)

- 40 MP, f/1.8, 18mm (ultrawide)

- TOF 3D, (depth)

Sementara kamera depan mendukung sensor 32 MP, f/2.2, 26mm (wide) dan IR TOF 3D, (depth/biometrics sensor).

Saat pengguna mengaktifkan kamera belakang, maka terdapat berbagai macam modus seperti Foto, Potret, Malam, Bukaan Lensa, Video, Pro, Lainnya.

Gunakan mode Foto untuk membidik objek, menerapkan filter, melakukan zoom 50x dan mengaktifkan berbagai fitur seperti flash, AI, pemindai kode QR hingga Identifikasi objek.

Huawei P40 Pro mampu mengenali jenis objek atau situasi tertentu yang tertangkap oleh kamera. Pengguna juga dapat memilih fitur HDR untuk hasil foto yang semakin tajam.

Ketika kamera P40 Pro membidik objek di malam hari, hasil tangkapan foto sangat baik. Hasil foto tidak gelap dan objek maupun cahaya terlihat jelas.


Seperti yang terlihat pada foto hasil jepretan di malam hari, Huawei P40 Pro terbukti mumpuni mengabadikan pemandangan ketika di malam hari. Meskipun dalam situasi rendah cahaya sekalipun, kamera tetap mampu menangkap gambar dengan baik.

Berkat teknologi kamera Leica, hasil foto terlihat mengesankan. Huawei P40 Pro mampu menghasilkan foto yang cukup artistik, melalui filter yang diaktifkan, Anda dapat mengabadikan objek dalam nuansa hitam dan putih.

Berdasarkan pengalaman Okezone, Huawei P40 Pro unggul dalam hal fitur-fitur kamera. Tampilan UI juga memudahkan ketika pergeseran dari satu mode kamera ke mode kamera lain. Hanya dengan cara menggeser pada layar, perpindahan mode kamera bisa dilakukan dengan cepat.

Huawei juga mempunyai layanan video call, MeeTime. Layanan ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan video. Aplikasi Huawei MeeTime memanfaatkan seluruh bagian chipset Kirin seperti CPU, GPU Turbo dan NPU.

Resolusi video pada saat panggilan telefon diklaim mampu menampilkan hingga resolusi 1080p.

Huawei P40 Pro juga dibekali fitur rekam video. Anda dapat mengatur resolusi mulai dari 720p hingga 4K. Video dapat diatur dalam kualitas 30fps hingga 60 fps. Pengguna juga dapat merekam video untuk modus gerak lambat atau slow motion.

Pengisian Daya Baterai Cepat

Huawei P40 Pro memiliki kapasitas baterai 4200 mAH. Perangkat dapat melakukan pengisian daya dengan cepat berkat fitur Fast charging 40W. Ponsel juga mendukung fitur Fast wireless charging 27W.

Dengan kapasitas 4200 mAh, seharusnya baterai dapat bertahan seharian dan pengguna tidak perlu sering-sering melakukan pengisian daya. Umumnya, baterai akan cepat terkuras apabila pengguna menggunakan ponsel untuk pekerjaan berat, termasuk bermain game 3D.

Namun, bila penggunaan perangkat untuk pemakaian normal sehari-hari, maka tidak akan membuat baterai cepat habis.

Kesimpulan

Huawei P40 Pro mumpuni di berbagai sisi, mulai dari fotografi dengan quad camera 50MP, baterai kapasitas besar yang tahan lama hingga kemampuan hardware yang cukup powerful berkat chipset Kirin 990 5G.

Perangkat memiliki berbagai keunggulan yang dimiliki ponsel pintar, termasuk desain menawan melalui tampilan Quad-Curve Overflow Display.

Untuk kelas flagship, tentunya fitur konektivitas seperti NFC tersedia untuk pengguna. Meskipun tanpa port audio 3,5 mm, Huawei tetap menghadirkan USB Type-C earjack di dalam boks.

Satu hal yang menjadi perhatian ialah kehadiran Huawei Mobile Services, termasuk AppGallery dan Petal Search Widget – Find Apps. Layanan-layanan ini tentu sangat dibutuhkan pengguna untuk dapat menemukan aplikasi favorit pengguna.

Tanpa layanan Google, pengguna perlu beradaptasi untuk menggunakan Huawei Mobile Services ini. Diharapkan ke depan aplikasi akan semakin kaya dan semakin mudah ditemukan oleh pengguna.

Smartphone canggih ini sudah resmi dijual di Indonesia dengan banderol Rp14,5 juta, bersama dengan dua saudaranya, Huawei P40 dan Huawei P40 Pro Plus.

Yuk segera miliki kecanggihan smartphone Huawei P40 Pro untuk mempermudah segala aktivitas harian Anda.

Spesifikasi Huawei P40 Pro

OS: Android 10.0 (AOSP + HMS); EMUI 10.1

Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)

CPU: Octa-core (2x2.86 GHz Cortex-A76 & 2x2.36 GHz Cortex-A76 & 4x1.95 GHz Cortex-A55) GPU: Mali-G76 MP16

RAM: 8 GB

Internal Memori: 256 GB

Layar: 6.58 inci, 2640 x 1200 piksel

Kamera utama: 50 MP, f/1.9 + 40 MP, f/1.8 + 16 MP, f/3.4 + ToF Camera Kamera depan: 32 MP, f/2.2

Baterai: 4.200 mAh

Charging: ( 40W Wired HUAWEI SuperCharge dan 27W Wireless HUAWEI SuperCharge ) Konektivitas: microUSB 3.1, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.1

Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) Dimensi: 158.2 x 72.6 x 9 mm

Berat: 209 g

CM

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini