Dinilai Membahayakan, Instagram Larang Iklan 'Terapi Konversi'

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 16 2244759 dinilai-membahayakan-instagram-larang-iklan-terapi-konversi-lUGLrnLKwt.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA – Instagram telah mengonfirmasi bahwa platform sedang di-update dengan memasukkan larangan global pada posting-an iklan ‘terapi konversi’. Kebijakan tersebut berlaku bagi promosi apapun yang melakukan praktik yang dinilai tidak ilmiah, dilansir Slashgear.

Terapi konversi bertujuan mengubah atau mengembalikan orientasi seksual pada LGBT. Praktik ‘terapi konversi’ sendiri dikenal dengan ilmu semu, atau tidak berdasar dan biasanya melibatkan agama serta dinilai membahayakan.

Asosiasi kesehatan dan psikologi telah mengecam praktik tersebut, yang dianggap ilegal. Para aktivis juga telah menyerukan agar Instagram melarang promosi terapi konversi.

Salah satu promosi yang menjadi perhatian dari terapi konversi ini adalah organisasi Kristen Inggris Core Issues Trust. Akun tersebut menganjurkan ‘Change Oriented Therapies’ yang didasarkan model yang disebut ‘Sexual Attraction Fluidity Exploration in Therapy’.

Instagram mengatakan bahwa akan berlaku larangan menampilkan konten dari akun Core Issues Trust yang masih menampilkan postingan ‘X-Out-Loud’ dan pembicaraan tentang topik seperti ‘strategi untuk mengubah perasaan sesama jenis yang tidak diinginkan’ serta testimoni dari mereka yang ‘terbebas dari homoseksualitas’.

Hal ini didasarkan pada larangan perusahaan sebelumnya atas iklan yang berkaitan dengan promosi terapi konversi.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini