Lindungi Bulan dan Mars, NASA Bikin Aturan Baru

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 16 2244778 lindungi-bulan-dan-mars-nasa-bikin-aturan-baru-TtegMVcZDJ.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA – NASA, badan antariksa Amerika Serikat (AS) membuat kebijakan baru untuk melindungi Bulan dan Mars dari kontaminasi saat misi luar angkasa berawak diluncurkan. Badan antariksa itu meluncurkan dua NASA Interim Directives baru yang bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah perlindungan pada Bulan dan Mars pada 9 Juli 2020, dilansir Space.

Dua NASA Interim Directives (NIDs) merinci persyaratan baru untuk misi manusia dan robot yang akan bepergian ke dan dari Bulan dan Mars. Pejabat NASA mengatakan, kebijakan ini dibuat dengan mempertimbangkan kepentingan dari tiga komunitas luar angkasa.

Bukan tanpa alasan, kebijakan ini dibuat agar terhindarnya kemungkinan kontaminasi biologis yang berasal dari Bumi dan pada akhirnya mengganggu penelitian ilmiah (atau sebaliknya, mencegah kemungkinan bahan biologis yang mungkin dibawa pulang ke Bumi).

“Lingkungan yang murni membantu kita mengetahui bahwa apa yang ditemukan di masa depan bukanlah sesuatu yang ditinggalkan oleh kita,” ucap Administrator NASA Jim Bridenstine dalam webinar "Dialog Bulan".

NIDs yang berfokus pada Bulan mencakup dua kategori berbeda untuk berbagai area bulan. Di sisi lain, Mars sedikit lebih rumit, tidak hanya mengenai kontaminasi tetapi juga masih banyak yang harus dipelajari tentang Planet Merah.

Meski begitu, arahan NIDs adalah arahan sementara yang masih bisa untuk diubah kembali. "Saat ini mungkin akan banyak perubahan dan mungkin di masa yang akan datang," kata Bridenstine.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini