Robot Ini Mampu Menyelam Bersihkan Jaring Ikan di Laut

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 16 2244810 robot-ini-mampu-menyelam-bersihkan-jaring-ikan-di-laut-OKG1FC60xY.jpg (Foto: Kystdesign.no)

JAKARTA - Perusahaan ROV Norwegia Kystdesign menciptakan alat atau robot yang dinamakan Stealth Cleaner. Dikutip Sindonews, Stealth Cleaner memiliki bentuk segitiga dengan warna kuning menyala.

Robot tersebut mampu menyelam dan membersihkan jaring ikan. Seperti diketahui, pemakaian jaring ikan yang terlalu sering, khususnya yang ditanam di laut untuk budidaya ikan, membuat jaring mudah kotor karena dipenuhi lumut atau kotoran lainnya.

Hal ini menyebabkan jaring cepat rusak dan cenderung sulit untuk dilihat. Robot Stealth Cleaner mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Stealth Cleaner terhubung dengan kapal pendukung sebagai stasiun basis kontrol. Pengoperasian dari atas kapal akan memudahkan operator untuk menjangkau seluruh area yang diinginkan.

Dikenal dengan sebutan remotely operated vehicle (ROV), mesin ini dapat dioperasikan dari jarak jauh. Semakin panjang kabel yang terhubung, maka semakin pajang pula jarak yang dapat ia tempuh.

Penggunaan Stealth Cleaner dapat dikatakan cukup mudah karena operator dapat melihat jaring yang akan dibersihkan melalui kamera yang terpasang. Operator dapat menggunakannya berkeliling secara berturut-turut melewati jaring yang ingin dibersihkan.

Saat bekerja, Stealth Cleaner akan memompa air melalui nozel pencucian yang berputar di bagian bawahnya. Nozel merupakan alat penyemprot yang dirancang khusus untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel di sebuah benda.

Dengan memanfaatkan tekanan air yang besar, perusahaan Kystdesign mengklaim dapat mengurangi keausan pada jaring. Metode pembersihan ini juga lebih baik dibandingkan dengan metode pembersihan lainnya.

Kabarnya, mesin pembersih berbentuk segitiga ini mampu membuat cakram sudutnya menjadi celah yang mungkin tidak dapat diakses oleh ROV lain. Ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mesin buatan Kystdesign.

Stealth Cleaner dilengkapi dengan empat kamera yang memudahkan operator melihat dari beberapa sisi dan tujuh pendorong untuk bergerak ke segala arah di sepanjang jaring atau di perairan terbuka. Pihak perusahaan juga menawarkan kemampuan yang dapat bermanuver 360 derajat.

Stealth Cleaner telah diuji coba sebanyak mungkin untuk mengetahui kemampuannya. Lebih dari 8.000 jaring telah dibersihkan dan hasilnya sangat memuaskan atau tidak tertandingi.

Dalam upaya penyelamatan bumi dan menjaga lingkungan, Kystdesign membuat produk yang ramah lingkungan. Ini terlihat dari Stealth Cleaner yang menggunakan tenaga listrik tanpa bahaya emisi minyak ke air.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah kemudahan dalam melakukan penggantian suku cadang. Teknisi dapat mengganti suatu komponen dengan komponen lainnya dalam waktu singkat.

Berbagai macam peralatan yang dikembangkan secara khusus memungkinkan Stealth Cleaner untuk mencakup berbagai tujuan. “Kami bertujuan untuk mengembangkan alat yang efisien untuk membersihkan setiap bagian dari jaring ikan,” ungkap perusahaan Kystdesign.

Kystdesign memiliki pengalaman sekitar 20 tahun dalam teknologi penyelaman, ROV, operasi maritim dalam akuakultur, minyak dan gas, serta industri konstruksi.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini