Kabel Thunderbolt 4 Bakal Dukung Prosesor Intel Tiger Lake

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 16 2244842 kabel-thunderbolt-4-bakal-dukung-prosesor-intel-tiger-lake-qD06zeQTUU.jpg (Foto: Gadgetbridge/Intel)

JAKARTA - Intel secara resmi memperkenalkan kabel konektivitas terbaru mereka bernama Thunderbolt 4 di CES 2020 yang dilaksanakan awal tahun ini. Sejak awal diperkenalkan, banyak pertanyaan yang muncul mengenai apa saja keunggulan dari seri kabel konektivitas terbarunya itu dibanding pendahulunya.

Berkaitan hal tersebut, baru-baru ini Intel membeberkan detail terkait Thunderbolt 4 yang rencananya akan dirilis bersama dengan platform terbaru Intel, Tiger Like.

Dilansir Anandtech.com, dikabarkan kabel konektivitas sepanjang 2 meter ini akan menjadi seri superset dari seri pendahulunya Thunderbolt 3 dan USB4, di mana Thunderbolt 4 Type-C akan dapat menerima koneksi dari Thunderbolt 3, USB 4, dan USB 3/2/1.

Menghadirkan konektivitas universal, Thunderbolt 4 akan menawarkan kecepatan hingga 40 Gb/s.

“Thunderbolt memberikan konsumen standar konektivitas terkemuka di berbagai perangkat, membantu memajukan pengalaman komputasi melalui kesederhanaan, kinerja serta keunggulan USB-C. Kedatangan Thunderbolt 4 menggarisbawahi bagaimana Intel memajukan ekosistem PC menuju solusi konektivitas yang benar-benar universal,” ucap Jason Ziller, manajer umum Intel Divisi Konektivitas Klien, dikutip Gadgetbridge.

Rencananya, akan ada tiga pengendali host yang bekerja untuk versi ini, yakni Maple Ridge JHL8540 dan JHL8340 yang digunakan sebagai pengendali host desktop, workstation, dan laptop; serta Goshen Ridge JHL8440 yang digunakan untuk monitor, perangkat penyimpanan dan sejenisnya. Ketiga pengendali ini akan tersedia pada akhir tahun. Adapun ukuran dan kebutuhan dayanya akan sama seperti pendahulunya Titan Ridge Thunderbolt 3.

Selain itu, poin utama yang harus digarisbawahi terkait Thunderbolt 4 ialah perihal perlindungan akses memori langsung untuk mencegah serangan fisik. Namun perihal perlindungan ini Intel tidak menjelaskannya lebih lanjut apakah hanya tersedia untuk sistem Intel saja atau dapat diakses sistem lainnya.

Meski begitu, sudah dapat dipastikan versi ini akan menjadi yang paling komprehensif dan sepenuhnya kompatibel dengan generasi produk Thunderbolt dan USB sebelumnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini