Google Project Loon Hadirkan Internet Cepat di Kenya

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 16 2245421 google-project-loon-hadirkan-internet-cepat-di-kenya-irbkI2NJjL.jpg (Foto: Cnn.com)

JAKARTA – Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Alphabet Inc menghadirkan jaringan internet berkekuatan 4G di wilayah Kenya, Afrika Timur. Jaringan internet ini dihadirkan melalui balon udara raksasa yang diterbangkan tepat di atas desa di daerah terpencil Lembah Rift, Kenya, pada Rabu (8/7/2020).

Dilansir Venturesafrica.com, Loon, anak perusahaan dari Google bekerjasama dengan Telkom Kenya – operator telekomunikasi terbesar di negara itu – untuk menghadirkan Project Loon Balloons yang memberikan akomodasi internet pada wilayah yang sulit dijangkau atau komunitas pedesaan. Dengan balon udara ini, akses internet dapat tersebar 100 kali lebih luas dibandingkan menggunakan menara ponsel tradisional.

"Sekarang kita akan dapat mencakup seluruh negara dalam rentang waktu yang sangat singkat," ucap Menteri Informasi Kenya Joe Mucheru, dikutip Venturesafrica.

Kabarnya, Project Loon Balloons diterbangkan pada ketinggian 20 kilometer di atas tanah dan bergerak konstan di lapisan stratosfer. Meski mengapung pada ketinggian tersebut, balon ini tidak akan menghambat jalur penerbangan pesawat.

Sebagaimana yang dikabarkan, balon ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang mampu menavigasi jalur penerbangan tanpa banyak campur tangan manusia. Selain itu, balon ini terbuat dari lembaran polietilen dan berukuran seluas lapangan tenis dan dilengkapi dengan panel surya dan baterai.

Project Loon Balloons di Kenya bukanlah yang pertama kali hadir di dunia. Balon udara ini sebelumnya pernah diterbangkan di Puerto Rico untuk menghubungkan 250.000 orang saat jaringan internet turun. Namun, pemakaiannya itu tidak dilakukan secara komersial. Sehingga, penerbangannya kali ini menjadikan Kenya sebagai negara pertama yang memiliki stasiun internet di atas langit.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini