Misi Peluncuran Starlink SpaceX Kembali Tertunda, Ini Penyebabnya

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Selasa 14 Juli 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 16 2246335 misi-peluncuran-starlink-spacex-kembali-tertunda-ini-penyebabnya-RG8EHYQD80.jpg (Foto: Cnet)

JAKARTA – SpaceX kembali menunda misi perusahaan untuk meluncurkan satelit baru untuk perusahaan bernama BlackSky bersama dengan kumpulan baru satelit komunikasi Starlinknya sendiri. Penundaan terus berlanjut akibat masalah cuaca ataupun dengan pesawat ruang angkasa itu sendiri, mengutip Bgr.

Sebelumnya, telah dijadwalkan pada Rabu minggu lalu untuk peluncuran Falcon 9 yang membawa satelit. Sayangnya harus ditunda pada hari Jumat akibat cuaca yang buruk, tetapi ternyata langit di hari Jumat lebih buruk dari pada sebelumnya.

Kemudian, tanggal peluncuran ketiga pada hari Sabtu, tampaknya sedikit lebih baik. Namun, gagal kembali karena masalah yang disebut ‘checkout’ oleh SpaceX.

“Mundur dari peluncuran misi Tenth Starlink hari ini untuk memberikan lebih banyak waktu untuk checkout; tim bekerja untuk mengidentifikasi peluang peluncuran berikutnya. Akan diumumkan tanggal target baru setelah dikonfirmasi dengan Range,”SpaceX menjelaskan dalam pernyataan singkat melalui Twitter (@SpaceX).

Baca juga: Ketahui Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

Program Starlink SpaceX baru saja mulai berjalan, perusahaan terus memperkuat jaringan satelit dengan meluncurkan puluhan satelit berukuran besar ke ruang angkasa. SpaceX telah menguji cara-cara visibilitas mereka agar dapat memblokir banyak refleksi dan membuat satelit jauh tidak begitu terlihat oleh teleskop.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini