Saingi iTunes, Spotify Hadirkan Sistem Popularitas untuk Podcast

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 16 2246769 saingi-itunes-spotify-hadirkan-sistem-popularitas-untuk-podcast-HkfKTNRiwA.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA – Kini Spotify bukan hanya menjadi layanan audio streaming yang terfokus pada musik saja. Dengan meningkatnya popularitas podcasting beberapa tahun terakhir, platform itu juga mulai berkembang menjadi wadah untuk para podcaster berbagi hasil karya mereka.

Dilansir Android Police, untuk mendukung hal ini, kini Spotify telah menghadirkan grafik podcast (podcast charts) yang memudahkan pendengar dan podcaster untuk mengetahui podcast mana yang paling populer di platform itu.

Grafik podcast milik Spotify memiliki sistem yang serupa dengan grafik untuk musik, menghadirkan daftar TOP Podcast dan Podcast Trend. Kedua daftar grafik ini memiliki perbedaan dalam menilai. TOP Podcast disusun berdasarkan 200 podcast melalui angka trafik kotor, sedangkan Podcast Trend disusun berdasarkan 50 podcast yang memiliki peningkatan laju pendengar paling banyak.

Selain menghadirkan posisi teratas dan trend, pendengar juga akan dipermudah untuk memilih podcast sesuai dengan genre yang mereka sukai. Setidaknya terdapat 17 pengelompokkan genre berbeda yang dapat Anda pilih melalui kolom pencarian. Beberapa di antaranya TV & Film, True Crime, Seni, Bisnis, hingga Agama dan Spiritualitas. Setiap kelompok akan mengurutkan 50 podcast teratas.

 
Baca juga: 4 Game Paling Populer di Play Store

Dilansir Slahsgear, Spotify menyatakan bahwa hingga kini setidaknya mereka memiliki satu juta podcast yang terunggah pada platform itu. Sehingga tentu saja grafik peringkat ini akan memudahkan baik pendengar maupun podcaster dalam menggunakan platform tersebut. Untuk Podcaster, jika mereka masuk dalam grafik maka secara otomatis Spotify akan memberikan mereka akses pada aset turnkey yang dapat membantu mereka untuk promosi.

Adapun untuk saat ini, grafik podcast baru tersedia di 26 negara termasuk Indonesia dan pasar lokal Spotify Amerika Serikat, Inggris, dan Swedia.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini