Cegah Covid-19, Masker Pintar 'C-Face' Bisa Terjemahkan 8 Bahasa Asing

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 16 2246905 cegah-covid-19-masker-pintar-c-face-bisa-terjemahkan-8-bahasa-asing-v89wvObnZn.jpg (Foto: WHTC)

JAKARTA - Salah satu startup Jepang, Donut Robotics dikabarkan tengah mengembangkan sebuah masker pintar yang terkoneksi dengan Bluethooth. Dilansir Screenrant, masker pintar yang diberi nama C-Face ini memiliki fungsi untuk melindungi diri sekaligus menerjemahkan ucapan ke dalam bahasa asing.

Setidaknya C-Face dapat menerjemahkan bahasa Jepang ke delapan bahasa lainnya yakni bahasa Indonesia, Vietnam, Inggris, Spanyol, Mandarin, Korea, Thailand, dan Prancis.

"Kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk membuat sebuah robot dan kami telah menggunakan teknologi itu untuk menciptakan produk yang merespons bagaimana Covid-19 telah membentuk kembali masyarakat," ucap Chief Executive of Donut Robotics Taisuke Ono, dikutip Insider.

Selain dapat menerjemahkan bahasa Jepang ke dalam delapan bahasa lainnya, C-Face juga tidak terbatas dari panjangnya kalimat yang diucapkan. Bahkan dikatakan masker ini dapat menerjemahkan sebuah pidato dan merubahnya menjadi sebuah pesan teks.


Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Adapun koneksi Bluetooth yang tersedia membuat Anda dapat menampilkan terjemahan pada ponsel pintar. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya dalam sebuah panggilan telepon.

Mengusung konsep komunikasi tanpa hambatan dan berperan sebagai pelindung, tetap saja masker ini tidak dirancang untuk dipakai secara mandiri. Memiliki ukuran yang cukup besar, C-Face dirancang untuk digunakan sebagai pendamping masker tradisional.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, C-Face tidak akan terhambat untuk menerjemahkan ucapan Anda, sehingga Anda tetap dapat menggunakan masker tradisional dengan nyaman dan mempertahankan fitur pintar yang ada.

Adapun untuk saat ini, C-Face direncanakan mulai dipasarkan pada akhir tahun di pasar Jepang sebelum dipasarkan secara global. Jika Anda berminat, besar kemungkinan C-Face akan dibanderol seharga 37 hingga 65 dollar (atau setara Rp550.000 – Rp950.000 ).

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini