Ditemukan Hewan Mirip 'Kecoak' Raksasa di Selat Sunda

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 16 2247451 ditemukan-hewan-mirip-kecoak-raksasa-di-selat-sunda-UCkVKMrHbe.jpg (Foto: LIPI)

JAKARTA - Jenis baru krustasea (udang-udangan) Bathynomus raksasa ditemukan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Hewan itu ditemukan di Selat Sunda dan selatan Pulau Jawa pada kedalaman 957-1.259 meter di bawah permukaan laut, dikutip BBC.

Spesies ini, disebut LIPI dalam keterangan tertulisnya sebagai 'kecoak raksasa'.

Ukuran tubuhnya masuk dalam kategori besar (giant) dan sangat besar (super giant) yang dapat mencapai di atas 15 cm pada usia dewasa.

"Ukurannya memang sangat besar dan menduduki posisi kedua terbesar dari genus Bathynomus," jelas peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Conni Margaretha Sidabalok, dalam keterangan kepada wartawan.

Temuan ini, tambahnya, sarat makna. "Penemuan Bathynomus pertama dari laut dalam Indonesia ini sangat penting bagi riset taksonomi krustasea laut dalam, mengingat langkanya riset sejenis di Indonesia," ujar Conni.


Baca juga: Fakta Mengenai Nyamuk dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Hal senada diutarakan Pelaksana Tugas Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cahyo Rahmadi.

Menurutnya, penemuan jenis baru Bathynomus raksasa ini menjadi capaian penting keilmuan, khususnya dalam bidang ilmu taksonomi.

"Penemuan jenis baru merupakan capaian besar seorang taksonomis apalagi jenis spektakuler dari sisi ukuran bahkan ekosistem di mana jenis tersebut ditemukan," jelasnya.

Cahyo mengatakan penemuan jenis baru ini merupakan pengingat betapa besar potensi keanekaragaman hayati Indonesia yang belum terungkap.

"Masa depan pengungkapan keanekaragaman hayati Indonesia berkejaran dengan laju kepunahan jenis dan mungkin juga taksonom sebagai garda terdepan," kata Cahyo.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini