Bawa Sampel Asteroid, Pesawat Hayabusa2 Bakal Mendarat ke Bumi

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 16 2247467 bawa-sampel-asteroid-pesawat-hayabusa2-bakal-mendarat-ke-bumi-mOXGH3Za4r.jpg (Foto: JAXA)

JAKARTA - Sampel kapsul dari pesawat luar angkasa Hayabusa2 Jepang akan kembali ke Bumi pada 6 Desember 2020 di Woomera Range Complex. Wahana antariksa itu mengerahkan banyak miniprobe ke permukaan asteroid, untuk mengambil asteroid Ryugu ke Bumi, mengutip Space.

Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) telah mengajukan permohonan Authorization of Return of Overseas Launched Space Object (AROLSO). Permohonan tersebut telah disetujui berdasarkan Undang-Undang Kegiatan Luar Angkasa Australia.

Hayabusa2 diluncurkan pada Desember 2014 dan tiba di Ryugu pada Juni 2018. Kemudian kapal induk Hayabusa2 membuat jalannya sendiri ke permukaan Ryugu dua kali pada tahun 2019.

Hayabusa2 meninggalkan Ryugu pada November 2019, dan saat ini sedang dalam perjalanan kembali ke Bumi. Para ilmuwan sangat ingin memasukkan bahan Ryugu ke laboratorium mereka di Bumi, di mana dapat dipelajari dengan sangat rinci dengan berbagai instrumen yang kuat.


Baca juga: 5 Aplikasi untuk Bikin CV Gratis di Smartphone Anda

Para peneliti mengatakan, dari sampel Ryugu dapat menjelaskan pembentukan dan evolusi asteroid, serta peran batuan ruang angkasa yang kaya karbon dalam membantu kehidupan di Bumi.

NASA sendiri memiliki misi pengambilan sampel asteroid yang sedang beroperasi sekarang. Pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx telah mempelajari asteroid Bennu yang kaya karbon dari dekat sejak Desember 2018 dan dijadwalkan untuk mengambil sampel Oktober mendatang.

Jika berjalan sesuai rencana, OSIRIS-Rex akan kembali ke Bumi pada September 2023, dengan mendarat di gurun Utah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini