Soroti Kesiapan Masyarakat, ATVSI Desak Migrasi Penyiaran Analog ke Digital dalam 5 Tahun

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 16 2247482 soroti-kesiapan-masyarakat-atvsi-desak-migrasi-penyiaran-analog-ke-digital-dalam-5-tahun-HnUBNeyxor.jpeg Ketua ATVSI Syafril Nasution (Foto: Dimas/Okezone)

JAKARTA - Pelaku industri penyiaran yang tergabung dalam Asosiasi Televisi Swasta Indonesia mendesak pemerintah untuk menerapkan pelaksanaan migrasi penyiaran analog ke digital atau Analog Switch-Off (ASO) dalam 5 tahun.

Target peralihan ASO dalam 5 tahun tersebut dinilai ATVSI realistis mengingat rencana pemerintah menerapkan migrasi dalam 2 tahun dinilai sulit terlaksana.

Dalam seminar yang digelar Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPR RI bertajuk Regulasi Digitalisasi Penyiaran dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja mengemuka bahwa pemerintah mengusulkan digitalisasi selesai dalam 2 tahun.

Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika Kemenkominfo Ahmad Ramli menyoroti pentingnya Indonesia segera bermigrasi ke digital, menyusul negara-negara lain di Asia Tenggara.

"Di ASEAN itu Myanmar saja 2020, Thailand 2020, Brunei, Singapura Malaysia sudah, Indonesia yang sampai saat ini masih kita pertanyakan," tutur Ahmad Ramli, Rabu, (15/7/2020), di Jakarta.

Adapun, Ketua ATVSI Syafril Nasution memaparkan landasan ATVSI mengusulkan migrasi penyiaran dalam 5 tahun tersebut, yaitu Pertama, ATVSI memantau tidak semua masyarakat siap dengan teknologi penerima siaran digital.

Syafril memaparkan kita harus melihat secara keseluruhan, apakah masyarakat kita siap untuk menerima siaran digital. Kita tidak bisa hanya melihat masyarakat di perkotaan, kalau kita sudah beralih ke digital melalui analog switch off, tentunya harus memperhatikan seluruh Indonesia.

"Apakah masyarakat kita di perdesaan sudah siap menggunakan atau memiliki perangkat TV digital. Yang kami ketahui sampai hari ini masih banyak dijual TV analog," tutur Syafril.

Kedua, guna memastikan sosialisasi dan komunikasi publik program-program pemerintah ke masyarakat berjalan dengan baik, menyusul kesiapan masyarakat untuk menyesuaikan dengan teknologi penerima siaran digital.


Baca juga: Tips Pulihkan Laptop saat Anda Lupa Password

Ketiga, ATVSI juga menilai selain kesiapan masyarakat, maka penting juga dipersiapkan kesiapan pemerintah atas roadmap industri penyiaran domestik ke depan dalam menghadapi kemajuan teknologi 8K dan 4K.

Migrasi digital dengan masa peralihan yang tepat diyakini akan menciptakan industri penyiaran yang sehat, kuat, dan memiliki daya saing di kancah internasional.

 
Baca juga: 15 Laptop Terbaik CES 2020: Laptop 2in1, Notebook, dan Ultrabook

Untuk itu, diperlukan persiapan yang matang agar masyarakat dan semua yang terlibat di industri pertelevisian bisa menerima manfaat pekembangan teknologi dengan baik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini