4 Tips Optimalkan Google Chrome agar Lancar Internetan

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 16 2248647 4-tips-optimalkan-google-chrome-agar-lancar-internetan-qYPnvNjpaw.jpeg (Foto: Ist)

JAKARTA - Google Chrome adalah peramban terpopuler yang digunakan para pengguna internet. Ketika Google Chrome Anda lambat tentu hal ini akan menjengkelkan.

Jika hal itu terjadi pada Chrome Anda, berikut trik yang dapat Anda lakukan, dikutip The Sun.

 

Perbarui Browser Anda

Pastikan Anda menggunakan Google Chrome versi terbaru. Pada komputer, Anda dapat membuka browser Google Chrome dan klik ikon ‘lainnya’ (tiga titik vertikal) di kanan atas.

Klik ‘perbarui Google Chrome’, jika opsi tersebut tidak muncul maka Anda sudah menggunakan versi terbaru. Setelah Anda perbarui, klik ‘luncurkan ulang’ kemudian peramban akan menyimpan tab dan windows akan terbuka dan kembali saat restart.

Anda juga dapat restart peramban nanti dengan mengklik ‘tidak sekarang’, maka pembaruan diterapkan nanti saat Anda me-restart browser. Ikon 'Lainnya' akan diwarnai (1) hijau jika pembaruan telah tersedia selama dua hari, (2) oranye jika pembaruan telah tersedia selama empat hari, atau (3) merah jika pembaruan telah tersedia selama tujuh hari.

 
Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Hapus Ekstensi Chrome

Untuk melihat ekstensi mana yang telah Anda instal, pertama buka Chrome dan kemudian klik tiga ikon di sudut kanan atas. Klik ‘alat lainnya’ lalu ‘ekstensi’, Anda dapat memilih opsi yang diinginkan untuk mengklik tombol ‘hapus’.

Jika Anda tidak yakin ekstensi mana yang menyebabkan masalah, Anda dapat mencoba metode menonaktifkannya satu per satu untuk melihat apakah ada peningkatan.

Hentikan Pop-up dan Notifikasi

Untuk mematikan pop-up dan notifikasi, klik tiga titik sudut kanan atas, kemudian klik ‘pengaturan’, ‘privasi dan keamanan’ dan kemudian ‘ pengaturan situs’. Biarkan halaman baru terbuka dan Anda harus scroll down untu menemukan ‘izin’ dan ‘pemberitahuan’.

Halaman ini memiliki saklar yang disebut ‘situs dapat nenerima untuk mengirim pemberitahuan’. Matikan dan situs tidak akan mengirimkan kembali pemberitahuan melalui Chrome.

Jika ingin mematikan notifikasi dari situs Anda dapat melakukan dengan scroll down sampai ke bagian ‘izinkan'. Dari situ, Anda dapat melihat daftar semua situs web yang memberikan notifikasi dan pilih ‘blokir’.

Mulai kembali

Anda dapat klik pengaturan kemudian klik opsi ‘advance’ di sebelah kiri dan klik ‘reset pengaturan’. Kemudian klik ‘kembalikan pengaturan default aslinya’ dan kemudian tombol ‘reset pengaturan’ untuk mengonfirmasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini