Update Windows 10 Timbulkan Masalah pada Koneksi Internet

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 16 2249300 update-windows-10-timbulkan-masalah-pada-koneksi-internet-KmfqV2Q6du.jpg (Foto: Cnet)

JAKARTA – Microsoft secara resmi mengonfirmasi bahwa pembaruan atau update Windows 10 pada Mei 2020 memberikan cukup banyak masalah pada pengguna. Dilansir Forbes, masalah ini berkaitan dengan pemutusan jaringan internet pengguna meskipun kondisi internet tersebut tersedia.

Pemutusan internet ini tidak benar-benar terjadi. Anda mungkin akan mendapatkan logo segitiga kuning pada sistem bar Anda, mengindikasikan tidak adanya jaringan internet.

Namun pada kenyataannya, Anda masih dapat mengakses laman pencarian dan melakukan penelusuran di internet. Sayangnya, ini tidak benar-benar menjadi kabar baik. Pasalnya, jika Anda ingin mamasang suatu aplikasi yang membutuhkan jaringan internet hal ini akan terhambat karena status Windows 10 mengatakan tidak adanya koneksi. Ini juga berpengaruh pada layanan game dan streaming seperti Spotify.


Baca juga: 5 Aplikasi Bisa Kembalikan Data yang Terhapus di Android

Dengan masalah ini, Windows 10 sudah beberapa kali melakukan perbaikan. Mengingat masalah demikian tidak hanya terjadi sekali. Sebelumnya Windows 10 juga sudah pernah merusak koneksi internet, menyebabkan kegagalan boot atau bahkan menghapus data pengguna selama tiga bulan terakhir. Hingga kondisi kali ini menjadi yang kedua, dan sayangnya hingga kini hal tersebut masih dalam penyelidikan dan perbaikan lebih lanjut.

Jika Anda sudah kesal dan tidak dapat menunggu, beberapa pengguna telah menemukan solusi yang dapat Anda gunakan. Namun perlu diingat, cara ini mungkin tidak akan efektif untuk beberapa pengguna.

Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba, berikut ini beberap langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Ketik ‘Registry editor’ di Pencarian Windows

2. Buka dan temukan: “HKEY_LOCAL_MACHINE SYSTEM CurrentControlSet Services NlaSvc Parameters Internet”

3. Ubah nilai “EnableActiveProbing” dari 0 menjadi 1

4. Klik ‘OK’, dan tutup editor

5. Restart komputer atau laptop Anda

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini