SpaceX Berhasil Menangkap Fairing Roket Falcon 9

Tasya Chrismonita, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 16 2250211 spacex-berhasil-menangkap-fairing-roket-falcon-9-aqvk2s8UeB.jpg (Foto: Slashgear)

JAKARTA – Perusahaan penyedia roket, SpaceX mengumumkan keberhasilan menangkap kedua bagian fairing Falcon 9. Prestasi ini pertama kali diungkapkan oleh Elon Musk.

Sebelumnya pada Senin, SpaceX menggunakan roket Falcon 9 yang dapat digunakan kembali untuk meluncurkan satelit militer Korea Selatan pada 20 Juli. Tidak hanya peluncuran yang sukses, tetapi SpaceX juga berhasil mendaratkan Falcon 9 stage pertama di droneship ‘Just Read the Instructions’.

Mengutip Slash Gear, CEO perusahaan Elon Musk mengatakan dalam tweet (@SpaceX) tak lama setelah pengumuman pendaratan droneship bahwa kedua bagian dari fairing telah ditangkap juga.


Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Bagi yang belum mengetahui apa itu rocket fairing, ini merupakan pelindung ‘nose cone’ yang dipasang pada roket, dirancang untuk melindungi roket dan muatannya dari kerusakan selama peluncuran.

Fairing melepaskan diri dari roket dengan membelah menjadi dua bagian, dan jatuh kembali ke Bumi. Keberhasilan penangkapan kedua fairing semakin memantapkan tujuan penggunaan perusahaan (reusability roket), menandai tonggak baru bagi bisnis.

Alasan penting untuk penangkapan fairing ini karena setiap bagian memiliki harga USD6 juta, biaya yang besar untuk meluncurkan roket. Fairing ditangkap dalam jaring di kapal laut.

Fungsi dari jaring ini untuk mencegah kedua fairing dari pendaratan di perairan laut. Ini juga mencegah kerusakan yang berpotensi timbul dari paparan langsung ke cairan asin.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini