Ganti Baterai Stasiun Luar Angkasa, Dua Astronot NASA Spacewalk

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 16 2250233 ganti-baterai-stasiun-luar-angkasa-dua-astronot-nasa-spacewalk-Hj3QLph01S.jpg (Foto: AP)

JAKARTA - Dua astronot NASA menjalani spacewalk untuk mengganti baterai stasiun luar angkasa. Dikutip Voaindonesia, dua astronot tersebut Bob Behnken dan Chris Cassidy.

Keduanya merupakan astronot Badan Antarika AS. Mereka melakukan kegiatan di antariksa (spacewalk) di luar Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Selasa (21/7).

Ini merupakan kegiatan terakhir mereka untuk menyelesaikan penggantian sistem pasokan listrik ISS. Kegiatan di luar stasiun antariksa hari Selasa ini adalah yang keempat bagi para astronot dalam waktu kurang dari sebulan, dan yang ke-10 kalinya dalam karier mereka, bersaing dengan rekor AS oleh astronaut penghuni ISS sebelumnya.

 
Baca juga: Proses Penciptaan Manusia Dijelaskan dalam Alquran

Kegiatan ini merupakan yang ke-12 sejak 2017 untuk mengganti baterai ISS, dan misi di luar stasiun yang ke-231 dalam sejarah ISS.

Dalam waktu kurang dari dua minggu, Behnken dan rekan astronot komersialnya Doug Hurley, yang memantau kegiatan spacewalk dari dalam ISS, akan meninggalkan ISS dengan kapsul SpaceX Dragon yang sama seperti yang mereka kendarai ketika mereka tiba di ISS pada akhir Mei.

SpaceX hendak melakukan pendaratan di lepas pantai Florida 2 Agustus, pendaratan yang pertama bagi para astronot dalam 45 tahun. Jika cuaca memungkinkan, kapsul Dragon akan mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Panhandle, Florida.

Pejabat NASA Jim Bridenstine mengatakan begitu kegiatan astronot di antariksa hari Selasa selesai, para astronot akan fokus untuk pulang ke Bumi.

Booster tahap pertama yang digunakan untuk meluncurkan Behnken dan Hurley pada 30 Mei melesat untuk kedua kalinya Senin dari Cape Canaveral. Booster itu mendarat di platform terapung di laut Atlantik di mana berlangsung pengangkatan satelit militer Korea Selatan. Booster itu akan digunakan lagi untuk penerbangan lain.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini