Saingi YouTube, Fitur Video Podcast Hadir di Spotify

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 16 2250336 saingi-youtube-fitur-video-podcast-hadir-di-spotify-X4L77GBaNR.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA - Setelah merilis fitur chart untuk podcast, kini Spotify umumkan hadirnya fitur podcast video pada Selasa (21/7/2020). Fitur yang dapat dikatakan menyaingi YouTube ini dapat digunakan baik oleh pengguna yang mengakses secara gratis maupun berbayar.

Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan banyak pekerjaan lain pada peranti mereka tanpa harus terputus dari siaran podcast pada Spotify. Saat aplikasi ditutup, secara otomatis audio akan tetap menyala.

Dilansir Los Angeles Times, untuk fitur barunya ini Spotify telah melakukan berbagai kerjasama dengan beberapa artis dan podcaster terkenal. Salah satunya podcaster Joe Rogan, seorang podcaster terkenal yang juga mengunggah versi video di platform YouTube.

Kontrak dengan Joe Rogan itu telah disetujui pada Mei dan memiliki nilai yang sangat besar, yakni USD100 juta. Dengan ini Joe akan membawa video podcast-nya itu untuk turut hadir di platform Spotify.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

“Tujuan yang kami harapkan adalah keterlibatan yang lebih dengan podcast, sehingga orang [akan] menghabiskan lebih banyak waktu secara individu dengan podcast serta kemampuan untuk membawa pengguna baru ke acara itu sendiri,” ucap Lauren Jarvis, Kepala Kemitraan Konten, dikutip Los Angeles Times.

Tidak hanya Joe Rogan, Rachel Lindsay, co-host dari program “Higher Learning” – yang membahas politik, olahraga dan kultur masyarakat kulit hitam – juga akan turut serta membagikan video podcast-nya pada platform Spotify.

Sehingga dengan ini jelas bahwa Spotify sudah memasuki pasar podcasting dan video untuk bersaing dengan YouTube.

Sayangnya terkait fitur barunya ini, untuk sementara waktu Spotify hanya memberikan akses unggah video pada podcaster terpilih, atau mereka yang sudah menandatangani kerjasama eksklusif.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur ini dapat digunakan untuk podcaster yang tidak terikat dengan kontrak.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini