Hindari Phishing, Gmail Akan Hadirkan Sistem Verifikasi Akun

Farah Azka Gazali, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 16 2250385 hindari-phishing-gmail-akan-hadirkan-sistem-verifikasi-akun-jDaCz724Uy.jpg (Foto: Google)

JAKARTA – Melalui acara Cloud Next ’20: OnAir, Google mengumumkan bahwa perusahaan akan menghadirkan logo brand terverifikasi pada platform Gmail. Fitur ini bernama BIMI atau Brand Indicators for Message Identification yang memunculkan logo untuk alamat e-mail yang sudah diakui kebenarannya oleh Google.

Fitur ini serupa dengan tanda centang biru pada platform Twitter maupun Instragram, hanya saja dalam bentuk logo.

Dilansir Slash Gear, BIMI rencananya akan hadir pada akhir tahun ini, atau setidaknya paling cepat dalam beberapa bulan ke depan. Mengadopsi teknologi DMARC – suatu teknologi otentikasi pesan berbasis domain, pelaporan, dan kesesuaian – BIMI diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pengguna Gmail. Mengingat, kini phishing atau penipuan dan pencurian akun menjadi salah satu kejahatan yang cukup banyak terjadi di Internet.

 
Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

“Kami akan memulai uji coba BIMI dalam beberapa minggu mendatang dengan jumlah pengirim terbatas, dan dengan dua Otoritas Sertifikasi untuk memvalidasi kepemilikan logo: Entrust Datacard dan DigiCert. Untuk mempersiapkan peluncuran BIMI pasca uji coba dan untuk secara umum membantu mengamankan ekosistem, kami mendorong organisasi untuk mulai mengadopsi DMARC,” ucap Google dikutip Slash Gear.

Dari demo yang ditampilkan Google memberikan dua buah tampilan yang berbeda sesuai dengan platform yang digunakan. Jika Anda menggunakan web browser, logo akan muncul pada sudut kiri atas email dari sumber resmi.

Sedangkan jika Anda menggunakan aplikasi ponsel, logo akan tampak pada daftar e-mail terbaru di kotak masuk. Dengan munculnya logo ini, diharapkan pesan jahat atau penipuan dapat dihindari atau bahkan benar-benar berhenti.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini